Sekolah dan Warga Ponorogo Kirim Lauk Abon untuk Pengungsi Lombok

Petrus - 24 August 2018

SR, Ponorogo – Pengiriman bantuan kepada korban gempa di Lombok sampai saat ini terus dilakukan, salah satunya adalah bantuan dari warga masyarakat dan TK Sekolah Alam Bumi Mulia (Sabila), yang berada di Jalan Anoman Ponorogo. Bantuan yang dikirim yaitu lauk siap saji berupa abon sapi.

“Ini adalah bantuan dari wali murid yang difasilitasi oleh sekolah, dan kegiatan bagi-bagi daging kurban yang kemudian diolah menjadi abon siap saji, siap konsumsi, dan tahan lama untuk pengungsi di lombok,” kata Direktur Sekolah, Ivan Rahmawan Arifin, Jumat (24/8/2018).

Ivan menerangkan, dipilihnya abon karena dulu saat gunung Merapi meletus, sekolahnya bersama warga juga pernah mengirimkan abon untuk pengungsi Merapi. Sehingga ketika bertepatan dengan Hari Raya Kurban, maka abon dipilih kembali untuk membantu pengungsi di Lombok karena lauk ini bisa langsung dikonsumsi dan lebih praktis.

Pembuatan abon dilakukan oleh puluhan ibu-ibu, yang terdiri dari wali murid dan warga sekitar sekolah. Para ibu-ibu ini juga menyiapkan bumbu-bumbu, memotong daging dan menggoreng abon.

“Animo masyarakat akan kegiatan ini sangat besar, sehingga sudah masuk 2 kwintal daging dan 1 ekor sapi yang kami olah menjadi abon,” terangnya.

Dibutuhkan waktu tiga hari untuk pembuatan abon, sehingga pengiriman baru bisa dilakukan di hari ini. Selain itu, pemilihan abon karena lebih ringan dan tidak membutuhkan tempat yang luas untuk penyimpanan.

“Bahan-bahan semuanya dari donatur, bumbu-bumbu juga ada yang dari warga sekitar, beberapa ada yang mendonasikan kelapa, bawang. Semua kita kumpulkan, jika ada yang kurang kita share di grup jika ada yang ingin membantu,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.