Sejumlah Daerah di Jatim Diprediksi Hujan pada Sore Hari

Fena Olyvira - 24 January 2019
Ilustrasi Hujan. Foto : (kulkann)

SR, Sidoarjo – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi sejumlah kabupaten di Jawa Timur (Jatim) masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan sampai lebat, terutama pada waktu sore hari.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh di Sidoarjo, Kamis (24/1/2019), mengatakan kepada Antara, sejumlah kabupaten yang diperkirakan akan mengalami hujan adalah Kabupaten Jombang, Lamongan, Nganjuk, Sidoarjo, Surabaya, Probolinggo, Pasuruan, Gresik, Kediri, Mojokerto, Batu, dan Malang.

“Untuk pagi hari kondisi cuaca masih cerah berawan, hujan lokal. Dan pada sore hari hujan dengan intensitas ringan sampai dengan lebat,” katanya.

Teguh mengemukakan, kondisi ini juga berbanding lurus dengan suhu udara yakni 17-33 derajat celsius dan kelembaban udara yang mencapai 65-100 persen serta angin Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

“Yang perlu diwaspadai adalah adanya kemunculan angin kencang yang terjadi pada siang atau juga sore hari,” katanya.

Teguh menambahkan, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini untuk meminta kepada masyarakat yang ada di sejumlah wilayah di Provinsi Jatim untuk mewaspadai potensi terjadinya angin kencang selama sepekan kedepan.

Terjadinya angin kencang itu salah satunya disebabkan oleh posisi pergerakan semu matahari yang berada di bumi bagian selatan, sehingga mengakibatkan bumi bagian selatan menjadi lebih panas dan tekanan udaranya menjadi lebih rendah.

“Kecepatan angin cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir dikarenakan tekanan rendah di laut Timor yang merupakan bibit siklon Tropis,” katanya. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.