Sejumlah Daerah di Jatim Diprediksi Hujan pada Sore Hari

Fena Olyvira - 30 January 2019
Ilustrasi Hujan. Foto : (kulkann)

SR, Sidoarjo – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan jika sejumlah kabupaten di Wilayah Jawa Timur (Jatim) akan berpotensi terjadi hujan ringan sampai dengan lebat, terutama pada waktu sore sampai dengan malam hari.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh, Rabu (30/1/2019), mengatakan kepada Antara, sejumlah kabupaten yang berpotensi hujan lebat itu di antaranya adalah Bangkalan, Sampang, Tuban, Batu, Bojonegoro.

“Selain itu, juga berpotensi terjadi hujan di Kabupaten Jombang, Lamongan, Malang, Pamekasan, Pasuruan, Sidoarjo, Kota Surabaya, Mojokerto, Probolinggo, dan Gresik,” ujarnya di Sidoarjo.

Teguh mengatakan, untuk pagi hari kondisi cuaca di sejumlah kabupaten Jatim masih terpantau cerah berawan.

“Untuk suhu udara mencapai 17 – 32 derajat celsius dan kelembaban udara sekitar 65 – 100 persen serta angin akan berhembus dari barat daya menuju barat laut dengan kecepatan sekitar 05 – 40 kilometer perjam,” ujarnya.

Teguh juga memberikan peringatan dini kepada masyarakat akan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang, sore atau malam.

“Kami berharap masyarakat lebih waspada akan terjadinya potensi angin kencang dengan durasi waktu yang cukup singkat,” ujarnya.

Sampai dengan saat ini, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan instansi lainnya untuk memberikan peringatan dini supaya masyarakat luas bisa segera melakukan antisipasi terkait dengan kondisi cuaca yang sedang terjadi.

“Termasuk melakukan koordinasi dengan pihak Bandara Internasional Juanda Surabaya yang setiap saat memerlukan laporan cuaca untuk penerbangan,” ujarnya. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.