Sambut Pilkada DKI, Jokowi Ajak Warga Jakarta Gunakan Hak Pilih

Petrus - 18 April 2017
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, berbincang dengan Menko Polhukam, Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala BIN di serambi Istana Negara, Jakarta (foto : Superradio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengajak seluruh warga DKI Jakarta untuk menggunakan hak pilihnya. Dikatakan oleh Presiden, setiap masyarakat dijamin haknya oleh konstitusi untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Hak (memilih) itu dijamin konstitusi dalam memilih gubernur dan wakil gubernur. Saya mengajak seluruh warga yang mempunyai hak untuk memilih, gunakan hak pilih itu tanpa ragu,” ujar Presiden Jokowi di Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Jokowi meminta masyarakat agar tidak mengkhawatirkan kondisi Ibu Kota selama berlangsungnya pesta demokrasi tersebut. Presiden sudah memerintahkan kepada seluruh aparat Negara untuk menjaga kelancaran dan keamanan, saat pelaksanaan pemungutan suara dalam Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini.

“Saya sudah memerintahkan kepada seluruh aparat negara, TNI, Polri, untuk menjamin kelancaran dan keamanan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Jakarta. Semua warga harus dapat melaksanakan haknya tanpa gangguan dan tanpa intimidasi dari pihak mana pun,” kata Jokowi.

Jokowi berharap agar pemimpin yang nantinya terpilih merupakan pilihan terbaik bagi warga Jakarta.

“Saya yakin insya Allah nanti proses demokrasi yang ada di DKI ini akan berjalan dengan lancar, bersih, tertib, dan menghasilkan pemimpin yang betul-betul pilihan rakyat, pilihan warga DKI Jakarta, dan itu adalah yang terbaik untuk Jakarta,” ujar Jokowi.

Warga Jakarta pada Rabu (19/4/2017) akan melaksanakan pemungutan suara dalam Pilkada DKI putaran kedua. Dua calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur yaitu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan menjadi pilihan warga DKI Jakarta untuk dijadikan sebagai pemimpin DKI Jakarta lima tahun ke depan.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.