RSCM Tentukan Disaster Triage

Petrus - 2 October 2018
Pasien Korban Gempa Palu yang dirawat di luar ruangan (foto : Biro Pers Setpres)
SR, Jakarta – Dukungan medis terus dilakukan oleh rumah sakit dari berbagai wilayah di Indonesia. Direktur Utama RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, Dr. Lies Dina Liastuti mengatakan, tim medis RSCM tahap pertama sebagai tim advance menempati base camp di RS Wirabuana, danĀ  telah membantu mengaktifkan RS Sis Al-Jufri. Tim RSCM juga melakukan kendali disaster triage.
“Tim RSCM ditunjuk untuk kendali disaster triage, yaitu memilah dan memilih mana pasien yang akan dikerjakan di rumah sakit-rumah sakit yang masih layak, dan mana yang akan dikirim atau dirujuk,” kata dr. Lies, Selasa (2/10/2018).
Ia menambahkan bahwa RSCM juga membentuk tim medis evakuator, untuk membantu evakuasi korban yang masih hidup.
“Tim RSCM bermalam di area Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah dengan ketersediaan air yang cukup. Karena di area RS Wirabuana masih terkendala air yang belum memadai. Listrik masih terbatas karena BBM terbatas. Tetapi pasokan BBM sudah mulai banyak masuk sejak malam tadi,” kata dr. Lies.
Tim RSCM sejak awal ikut berpartisipasi dalam kegiatan medis di RS Wirabuana bersama TNI, dan rencana dapat turut serta berpartisipasi dalam kegiatan operasi di KRI Soeharso.
“Target tim hari ini adalah assesment tenaga SDM, obat/ alat medis di RS Sis Al-Jufri. Jika memungkinkan memulai kegiatan medis, mengingat kondisi ruang operasi yang masih relatif baik dibanding RS lain. Tim mulai triase disaster, mencegah overload pasien pada satu pusat kesehatan saja,” kata dr. Lies.
Tim RSCM juga mempersiapkan Kantor Kesehatan Pelabuhan untuk melakukan triage dan pendataan pasien di Bandara Palu yang akan dievakuasi ke Makassar.
Tim RSCM saat ini sejumlah 13 orang terdiri dari dokter spesialis bedah orthopaedi, anestesi, penyakit dalam, dan perawat ahli, siap membantu korban baik kasus bedah maupun non bedah.
“Tim advance akan berada di Palu hingga Kamis atau Jumat, dan selanjutnya diteruskankan oleh Tim utama RSCM ,” katanya.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.