RPH Surabaya Aman dari Virus Flu Babi

Yovie Wicaksono - 11 February 2019
Ilustrasi. Foto : (Bisnis.com)

SR, Surabaya – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Surabaya dijamin aman dari virus H1N1 atau flu babi. Penegasan ini disampaikan Kepala Bidang Peternakan dan Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Meita Irene Wowor, Senin (11/2/2019).

“Terkait dengan flu babi di Surabaya, sebenarnya babi-babi di RPH ini aman, karena dalam lalu lintasnya babi dari daerah asal ini selalu diperiksa oleh dokter hewan tempatnya berasal, dan sudah melalui serangkaian pemeriksaan oleh dokter hewan RPH setiap harinya, dan untuk Jawa Timur sampai saat ini tidak ada kasus,” kata Meita.

Meita menjelaskan bahwa virus H1N1 dalam babi tersebut akan mati saat dipanaskan pada suhu diatas 70 derajat celcius.

“Setelah jadi dagingnya gak masalah, karna virus itu akan mati dengan suhu diatas 70 derajat celcius. Yang menjadi masalah adalah petugas di RPH, karena kan mereka yang bersinggungan langsung dengan hewan yang masih hidup tadi, dan virusnya bisa menyebar melalui udara,” tambah Meita.

Plt Direktur Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surabaya Bela Bima mengatakan, Babi yang masuk di RPH sudah melalui serangkaian proses yang ketat. RPH sendiri melakukan pemotongan babi sekitar 200 ekor dalam dua hari sekali.

“Babi itu bisa masuk di Surabaya memang palang besarnya melalui RPH dan sudah melalui serangkaian proses yang ketat. Di Surabaya tidak ada tempat peternakan babi, jadi babi itu berasal dari daerah di Jawa Timur seperti Blitar, Tulungagung, Jember, Situbondo, dan sekitar Banyuwangi, untuk babi yang dari Bali sudah kita batasi,” ujar Bela.

Bela menambahkan, jika virus H1N1 menyebar pasti yang pertama kali terkena adalah petugas di sekitar RPH, oleh sebab itu pihaknya melalui Dinas Kesehatan Surabaya melakukan vaksinisasi kepada petugas RPH.

“Kita sudah melakukan tindakan preventif dengan memberikan vaksin kepada petugas kami melalui Dinas Kesehatan Surabaya, karena jika virus itu menyebar, yang pertama kali terkena adalah yang ada di sekitar RPH,” tambah Bela. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.