Ritual Jelang Imlek

Yovie Wicaksono - 31 January 2019

SR, Sidoarjo – Menjelang perayaan Imlek, umat Klenteng Tjong Hok Kiong di Sidoarjo, menggelar ritual pembersihan, memandikan dan mengganti pakaian Dewa, Rabu (30/1/2019).

Pembersihan dimulai dengan menurunkan patung dewa dari mejanya. Patung kemudian dimandikan menggunakan sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel, lalu dibilas menggunakan air dan yang terakhir dibilas dengan  menggunakan air bunga mawar.

“Dimandikan dengan air bunga mawar ini agar patungnya jadi wangi,” ujar Siwa Dewi kepada Super Radio.

Setelah seluruh prosesi selesai dilakukan,  patung di letakkan kembali ke mejanya. Total di Klenteng ini, terdapat 11 meja Dewa, namun dalam satu meja jumlah Dewa nya berbeda.

Prosesi jelang Imlek di Klenteng yang berada di Jalan Hang Tuah, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo ini berlangsung sejak Senin (28/1/2019).

“Senin kemarin (28/1/2019) itu Dewa naik ke langit kita sembahyang bersama, lalu hari ini patung Dewa dibersihkan, digantikan baju untuk persiapan Imlek tanggal 5 Februari, nah tanggal 8 Dewa akan turun yang nantinya kita akan sembahyang bareng lagi,” kata Siwa.

Klenteng Tjong Hok Kiong merupakan klenteng tertua di Sidoarjo, dan diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai tempat yang “mujarab”.

“Klenteng ini ada sejak tahun 1683, dan kita punya klenteng ini yang paling mujarab, maksudnya banyak permintaan orang yang terkabul, seperti kesehatan, bukan hanya orang Tionghoa saja yang datang kesini, orang kampung sini kalau sakit minta air di Makco (Dewi), minta obat, minta petunjuk bagi orang yang percaya,” ujar Siwa. (fos/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.