Risma Motivasi Pelajar Agar Tidak Tergantung Gawai dan Berani Hadapi Masalah

Petrus - 10 September 2018

SR, Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan motivasi kepada ratusan pelajar di SMP Negeri 56 Surabaya, Senin (10/9/2018). Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kota Surabaya, untuk meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) peserta didik, sebagai upaya membentuk moral dan akhlak pelajar.

Tri Rismaharini mengungkapkan tujuan PPM, untuk membentuk pribadi siswa agar menjadi anak yang lebih baik, dan siap bersaing di era milenial. Selain itu, godaan bagi pelajar saat ini sangat besar, seperti kenakalan remaja, narkoba, serta dampak negatif penggunan peralatan teknologi secara berlebihan dan menimbulkan ketergantungan.

“Jadi kalian anak-anakku yang kelas tiga, kalau ke depan ingin masuk di SMA yang bagus, mulai sekarang dibatasi dulu untuk bermain gadget dan main game,” kata Tri Rismaharini kepada para pelajar yang hadir.

Risma juga berpesan kepada para pelajar, agar tidak ragu bercerita kepada guru bimbingan konseling (BK), bila mengalami masalah terutama selama berada di sekolah.

“Kalian sudah besar, kalian sudah SMP. Jika kalian ada masalah, bisa ceritakan ke Guru BK. Guru kalian pasti akan membantu mencarikan solusi,” ujar Risma.

Selain memberi motivasi dan pencerahan kepada para pelajar, Risma juga mengajak berinteraksi para pelajar secara langsung. Rism meminta para pelajar yang sedang menghadapi masalah untuk tidak pernah lari dari persoalan yang dihadapi, melainkan mengkonsultasikan dan menyelesaikannya.

“Kalian harus terus berjuang, jadi jangan pernah lari kalau ada masalah. Kenapa, karena Tuhan pasti mendengar itu semua dan mengetahui itu semua. Dan setiap masalah pasti ada solusinya,” lanjutnya.

Terdapat tiga hal penting yang dipesankan Risma kepada para pelajar, yaitu menyampaikan masalah yang dihadapi kepada guru BK agar dicarikan solisanya; setiap masalah selalu ada solusi; dan jangan pernah ada kata menyerah.

“Jadi anak-anakku semua, sekali lagi kalian tidak usah merasa galau. Kalau kalian ada masalah pasti akan Ibu bantu. Kenapa, karena kalian tidak sendiri,” tegasnya.

Selain Wali Kota, hadir juga Kepala Dinas Pendidikan M. Ikhsan, Kepala Dinas Kesehatan Febria Rachmanita, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP5A) Maria Candra Oratmangun, Ketua DPRD Surabaya Armuji, serta para guru dan pelajar di SMP Negeri 56 Surabaya.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.