Ribuan Surat Suara Pilgub Jatim 2018 Rusak Di Ponorogo

Petrus - 24 May 2018
Para pekerja lepas melakukan penyortiran surat suara di KPU Kabupaten Ponorogo (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Ponorogo – Ditemukan 1.244 surat suara yang mengalami kerusakan, dari 773.003 lembar surat suara untuk Pilgub Jawa Timur 2018 yang telah dilakukan penyortiran, pada Rabu (23/5/2018).

Kerusakan terbanyak yang terdapat pada surat suara, disebabkan surat suara kusut dan adanya bercak noda. Penyortiran ini dilakukan oleh 100 orang pekerja borongan yang dipekerjakan oleh KPU Kabupaten Ponorogo.

“Setelah selesai penghitungan, kami akan mengajukan kekurangan surat suara ke KPU Provinsi,” tutur Divisi Keuangan dan Logistik KPU Ponorogo, Ahmad Fauzi Huda, Kamis (24/5/2018).

Fauzi menerangkan, saat ini jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Ponorogo mencapai 753.356 orang. Sedangkan surat suara yang datang dari KPU Provinsi sebanyak 773.003 lembar.

“Jumlah sebanyak ini karena nantinya per TPS ada penambahan 2,5% dari jumlah DPT per TPS,” terangnya.

Sementara itu untuk penggunaan kotak suara, Fauzi menuturkan jika menggunakan kotak suara yang sudah ada, yaitu kotak suara bekas Pilkada Bupati pada 2015 lalu, sebanyak 1731 kotak suara yang masih layak pakai.

“Kotak suara ini masih digunakan karena masih layak pakai,” ujarnya.

Fauzi menambahkan, untuk saat ini kelengkapan TPS dan beberapa formulir belum datang dari KPU provinsi. Ia juga menerangkan tahapan sebelum penyaluran ke surat suara ke setiap TPS adalah sortir, setting, dan packing.

“Untuk saat ini tahapan masih sampai sortir, sedangkan setting nantinya ada pembagian setiap surat suara dan perlengkapan yang kemudian akan dipacking dan diserahkan kepada setiap TPS,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.