Ribuan Paspor Haji di Kantor Imigrasi Kediri Belum Terselesaikan

Petrus - 31 March 2017
Warga melakukan proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kediri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Ratusan warga memadati Kantor Imigrasi Kelas III Kediri sejak beberapa hari terakhir. Mereka adalah warga yang akan mengurus keperluan paspor, untuk digunakan berangkat menunaikan Ibadah Haji.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi kelas III Kediri, Mohammad Tito Andrianto, pihaknya telah menangani secara kesuluruhan pembuatan paspor sebayak 3.363 pemohon calon jamaah haji.

“Dari jumlah itu, yang telah diakomodir sebanyak 1.400 pemohon dan sudah melalui proses foto serta wawancara. Sementara 200 pemohon lainya, telah selesai pembuatan paspornya,” kata Mohammad Tito Andrianto.

Tito menambahkan, untuk pembuatan paspor bagi calon jamaah haji akan diselesaikan secara bertahap. Sebelum proses cetak dilakukan, Tito berharap agar masing-masing Kementerian Agama di tiap daerah, segera melunasi adminitrasi pembayaran.

Bilamana administrasi sudah dibayarkan, pihak imigrasi akan melanjutkan proses cetak. Pihak imigrasi menargetkan pengurusan paspor akan selesai sebelum pelaksanaan Haji di bulan Suci Ramadhan mendatang.

“Dari wilayah kerja kami, di daerah menyangkut Kota dan Kabupaten Jombang, Nganjuk dan Kediri. Ada beberapa berkas yang belum dicetak karena masih tertundanya pembayaran ke bank dari pihak Kemenag. Bila mana ada pembayaran di Bank, nanti dilanjutkan ke proses cetak,” terang Tito Andrianto.

Dari tiga ribu lebih calon jamaah haji yang mengajukan pembuatan paspor, diketahui satu calon jamaah haji terpaksa dipertimbangkan untuk ditolak. Hal ini dilakukan, karena dari hasil wawancara, yang bersangkutan mengaku tidak memiliki paspor, namun dari sistem data Kantor Imigrasi menyebutkan, jika yang bersangkutan sebelumnya telah memiliki paspor.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.