Remintansi TKI Kediri Capai 94 Miliar

Yovie Wicaksono - 6 July 2017
Suasana di Kantor Pos Kediri. Foto : (Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Kantor Pos Kediri mencatat jumlah pengiriman (remitansi) uang dari tenaga kerja Indonesia asal Kediri mencapai lebih dari Rp94 Miliar. Total ada 25 ribu lebih transaksi selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri.

Wakil Kepala Kantor Pos Kediri, Suhartono Anton Sujarwo mengatakan, jika dibandingkan periode tahun sebelumnya 2016, ada pertumbuhan kenaikan transaksi sebesar 1,25 persen. “ Di periode yang sama di tahun 2016, jumlah transaksi hanya mencapai 20 ribu lebih dengan besaran uang mencapai Rp76 Miliar,” ujarnya, Kamis (6/7/2017).

Mayoritas TKI asal Kediri yang mengirimkan uang bekerja di Arab Saudi dan Malaysia.

Sementara itu, sebagai upaya antisipasi tindak kasus penipuan, Kantor Pos Kediri memperketat pengawasan proses pengambilan uang dari luar negeri, oleh keluarga TKI. Setiap keluarga TKI yang ingin mengambil pengiriman uang wajib memperlihatkan kartu identitas ganda, yaitu KTP dan SIM.

“Kita minta dua kartu identitas, bagi penerima uang. Sebagai upaya antisipasi modus penipuan seperti yang terjadi di daerah lain.setelah dicek, ternyata diketahui Kartu Identitasnya palsu. Namun beruntung di Kediri, tidak ada seperti itu,” terangnya.

Sekedar informasi, tingginya pemenuhan kebutuhan hidup, pada saat momentum Ramadan hingga Idul Fitri secara tidak langsung membawa dampak meningkatnya jumlah pengiriman uang dari luar negeri, termasuk TKI dari Kediri. (fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.