Relawan AyoJo Gelar Festival Memasak, Tepis Isu Kenaikan Harga Sembako

Petrus - 23 October 2018
SR, Trenggalek – Merespon isu kenaikan harga bahan pokok, Relawan AyoJo wilayah Mataraman menggelar Festival Memasak, yang diikuti oleh ibu-ibu rumah tangga. Tidak hanya diuji dalam hal keterampilan memasak, peserta juga diharuskan untuk berbelanja bahan yang akan dimasak di pasar tradisional terdekat.
Festival Memasak yang diadakan di Gedung Serba Guna Desa Dongko, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, melibatkan puluhan peserta dari relawan AyoJo Trenggalek. AyoJo merupakan salah satu kelompok relawan pendukung pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin.
Dikatakan oleh Sucipto selaku Ketua Relawan AyoJo Trenggalek, dalam Festival Memasak ini panitia memberikan modal kepada peserta dengan uang Rp. 200 Ribu untuk berbelanja aneka bahan yang akan diolah sebagai masakan. Modal yang yang diberikan itu harus dibelanjakan untuk keperluan memasak, mulai dari sayur mayur hingga lauk pauk.
“Kami merasa kabar hoax atau berita bohong akhir-akhir ini meresahkan, termasuk salah satunya soal harga bahan kebutuhan pokok di pasar,” kata Sucipto belum lama ini.
“Melalui kegiatan ini, kami ingin membuktikan dengan modal terbatas masih bisa digunakan untuk membeli kebutuhan di pasar, serta dapat juga digunakan untuk makan bersama,” imbuh Sucipto.
Selain mengedukasi masyarakat khususnya para ibu rumah tangga mengenai harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional, pihaknya ingin para ibu rumah tangga yang menjadi peserta dapat menunjukan kreativitas yang dimiliki dalam mengelola bahan makanan.
Sucipto menilai, para ibu rumah tangga yang tinggal di daerah pedesaan memiliki kreativitas yang mumpuni, yang dapat dilihat dari hasil olahan masakan mereka yang memiliki cita rasa yang khas dan enak. Melalui kegiatan ini, Sucipto berharap peserta dapat memupuk rasa kebersamaan di antara masyarakat, terutama para ibu rumah tangga.
“Kita juga membuktikan kalau dengan modal Rp. 200 Ribu, bisa digunakan untuk memasak bermacam-macam hidangan. Ada ikan, ayam, daging,” terang Irna, salah satu peserta Festival Memasak.
Setelah kegiatan Festival Memasak ini selesai, Relawan AyoJo Mataraman berencana akan mengadakan acara lanjutan, yang berkaitan dengan bidang pertanian dan kesehatan. Di Jawa Timur, Relawan AyoJo tersebar di 6 wilayah, yakni Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Trenggalek dan Pacitan.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.