Rayakan Kemerdekaan dengan Rujakan Aksara

Yovie Wicaksono - 14 August 2018
Buku Rujakan Aksara. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Menyambut kemerdekaan RI ke 73, tiga penulis muda, Ernanda Ari Nuriar, Dito Aditia dan Nazilatul Miladiah menghadirkan sebuah karya tulis kumpulan puisi atau antologi puisi dengan tajuk utama “Rujakan Aksara”.

Mengangkat tema besar tentang kemerdekaan Indonesia, buku ini memberikan informasi mengenai apa itu kemerdekaan versi anak muda Indonesia jaman now. Buku ini juga memberikan gambaran akan keadaan dan semangat anak muda Indonesia dari sudut pandang masyarakat biasa yang hidupnya jauh dari kata bergelimang harta. Bahkan di dalamnya juga terdapat kisah nyata yang pernah dialami dan disaksikan langsung oleh penulis yang mungkin juga dialami atau terjadi pada orang di sekitar.

Para penulis sepakat mengangkat nama rujak yang diambil dari makanan khas Jawa Timur yang rasa dan namanya sudah tidak asing lagi. Makanan yang di dalamnya merupakan campuran dari berbagai macam sayuran, lontong, tempe, tahu, cingur atau bisa juga kikil dan kemudian disiram oleh bumbu ulekan kacang, dengan petis  ini dirasa cocok untuk menggambarkan konsep bahwa buku ini merupakan hasil pemikiran dari berbagai sudut pandang dan beberapa pihak di dalamnya.

Sedangkan aksara adalah huruf-huruf yang dituangkan pada buku ini yang merupakan hasil pemikiran dan pengamatan dari penulis yang berpartisipasi dalam buku ini.

“Jadi, secara garis besar, buku rujakan aksara ini adalah sebuah tulisan dari hasil pemikiran beberapa penulis mengenai apa yang telah mereka ketahui, saksikan dan rasakan,” kata Dito kepada Super Radio, Selasa (14/8/2018)

Dito berharap, melalui buku ini anak muda bisa lebih sadar akan kondisi bangsanya. Buku ini juga diharapkan dapat menggugah selera pembaca untuk tidak hanya menyentuh karya sastra berbentuk novel atau cerpen saja, akan tetapi juga puisi.

“Dengan buku ini diharapkan nantinya akan banyak penulis-penulis muda yang berhasrat untuk menulis kumpulan puisinya sendiri,” pungkas Dito. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.