Ratusan Warga Jatim Terserang Penyakit Kusta

Yovie Wicaksono - 3 February 2017
Salah Satu Penderita Kusta di RS Kusta Kediri. (Foto : Superradio/Srilambang)

SR, Kediri – Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang memiliki penduduk penderita kusta. Di Rumah Sakit (RS) Kusta Kediri misalnya, sepanjang 2016 ada 590 penderita yang dirawat. Sebelumnya, di tahun 2015, terdapat 713 penderita kusta yang dirawat di RS Kusta Kediri.

Kepala Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat Unit Pelayanan Teknis (UPT) Rumah Sakit Kusta Kediri, Dian Anggraini mengatakan, para penderita kusta yang dirawat, mayoritas masyarakat ekonomi lemah.

Langkah yang sudah dilakukan pihak rumah sakit untuk menekan jumlah penderita penyakit kusta adalah dengan memberikan pelayanan kesehatan keliling ke berbagai daerah terutama di wilayah pelosok.

“Dalam memberikan pelayanan kesehatan, kita harus koordinasi dulu dengan Dinkes terkait, mengenai ada atau tidaknya warga yang terjangkit penyakit,” ujar Dian, Jumat (3/2/2017).

Dian menambahkan, pihaknya juga terus berupaya menghilangkan stigma negatif masyarakat terhadap para penderita penyakit kusta dan memberikan pembekalan keterampilan kepada pasien baik yang sudah dalam kondisi cacat maupun pasien kusta biasa.

“Kami juga terus memantau secara medis kondisi pasien penderita kusta selama lima tahun,” terangnya.

Sementara itu, untuk wilayah Kota Kediri, pada 2016 ditemukan 3 orang yang menderita penyakit kusta. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kediri, Rizal Amin mengatakan, penderita penyakit kusta kali pertama ditemukan tahun 2011 lalu. Saat itu, diketahui ada 9 warga yang terjangkit.

” Kota Kediri, bukanlah daerah endemis, lain halnya di daerah Pesisir seperti di Madura,” ujarnya.

Sekedar informasi, penyakit kusta dikategorikan dua jenis, yakni kusta basah dan kering. Penyakit yang diakibatkan karena kuman ini menyerang kulit saraf tepi dan jaringan tubuh lainya hingga mengakibatkan kecacatan pada organ tubuh tertentu terutama dibagian tangan, kaki dan hidung.

Dari sejumlah pasien penyakit kusta yang sudah ditangani, sebagian besar penyakit kusta, ditandai dengan gejala bercak merah pada kulit, bercak tidak gatal serta bercak kulit yang tidak kunjung sembuh dengan obat kulit biasa.

Di Jawa Timur sendiri ada dua RS Kusta, yakni di Kediri dan Mojokerto. Untuk RS Kusta di Kediri, mencakup wilayah Bojonegoro, Tuban, Ngawi, Madiun, Magetan, Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Malang dan Lamongan. Sedangkan RS Kusta Mojokerto, mencakup wilayah Madura dan Gresik. (fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.