Ratusan Kendaraan Jalani Uji Kir di Ponorogo

Petrus - 17 September 2018

SR, Ponorogo – Ratusan kendaraan pribadi hingga angkutan umum menjalani ujian kir sebagai tanda laik jalan di Ponorogo, Senin (17/9/2018). Jumlah ini lebih banyak dari biasanya yang hanya mencapai puluhan kendaraan, karena ada pengalihan lokasi uji kir.

“Kami memang tengah melayani uji kir daerah lain, seperti Madiun dan Magetan,” tutur Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo, Muchammad Rodiatam, Senin (17/9/2018).

Rodiatam mengatakan, pengalihan lokasi uji kir ini karena daerah lain belum terakreditasi. Padahal untuk pengujian kir di setiap tempat pengujian diharuskan telah lolos minimal akreditasi B.

“Ponorogo lolos akreditasi dapat B pada bulan Juni lalu,” terangnya.

Akreditasi ini membuat Ponorogo harus melayani dua kali lipat uji kir, atau 60 kendaraan sebelum memperoleh akreditasi B.

“Setiap hari kami 120-an kendaraan untuk diperiksa,” jelasnya.

Supaya tidak terjadi penumpukan, pihaknya membatasi jumlah pendaftar hingga pukul 13.00 WIB, dan pelayanan akan tetap dilanjutkan sampai pukul 16.00 WIB.

Rodiatam menambahkan, saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dihasilkan dari pengujian kir sekitar Rp. 800 juta, dan baru tercapai sekitar 65 persen.

“Kami mengutamakan keselamatan para pengguna di jalan, kalau tidak lulus langsung kami kembalikan. Urusan PAD itu nomor dua,” tuturnya.

Uji kir itu meliputi pengujian kepekatan asap, pemeriksaan bagian bawah kendaraan, mulai dari pemeriksaan suspensi roda, bantalan mesin, transmisi dan bodi, pengujian lampu utama, pengujian kincup roda depan, pengujian efisiensi rem utama dan penimbangan berat kendaraan.

“Kami mengimbau warga untuk rutin uji kir demi keselamatan,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.