Ratusan Desa di Jatim Terancam Kekeringan

Yovie Wicaksono - 19 September 2017
Gubernur Jawa Timur Soekarwo didampingi perwakilan UNICEF menandatangani komitmen bersama bebas campak dan rubela (foto : Superradio/Srilambang)

SR,Kediri – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendeteksi ada sekitar 422 Desa yang kini mengalami musibah kekeringan. Dari 422 desa yang sudah terdata kekeringan, 280 desa diantaranya mengalami musibah kekeringan cukup parah.

“422 Desa, yang kering betul ada 280 desa. Soal kebutuhan air bersih, semuanya bisa diangkut dengan truck. Kalau Kabupaten menyatakan darurat kita langsung kirim,” ujar Soekarwo di Kediri.

Ditambahkan Soekarwo, jika memang dibutuhkan, Pemprov siap membantu daerah yang terdampak. Saat ini, pihaknya telah mengalokasikan anggaran lebih dari 100 juta untuk mengatasi kirisis air bersih.

Ratusan desa yang terdampak bencana kekeringan ini, terjadi di berbagai wilayah di Jawa Timur. Sedangkan, untuk wilayah Kediri sendiri, belum terdampak bencana kekeringan. Hanya saja, debit air di beberapa kawasan seperti kecamatan Tarokan yang terletak di lereng Gunung Wilis dan kecamatan Ngancar di lereng Gunung Kelud sudah mulai berkurang.

Jika musim kemarau masih panjang, dikhawatirkan daerah tersebut terancam mengalami kekeringan. (fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.