Ratusan Anggota Polri dan ASN Polri Terima Pembekalan dan Pelatihan Usaha Jelang Pensiun

Petrus - 10 April 2018
Budidaya ikan, salah satu usaha sampingan anggota Polres Tulungagung, Karesidenan Kediri, menjelang pensiun (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sekitar 400 anggota Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri se-Karesidenan Kediri, mengikuti Pembekalan dan Pelatihan Keterampilan, Selasa (10/4/2018). Pembekalan dan pelatihan keterampilan untuk wilayah Karesidenan Kediri meliputi Polres Tulunganggung, Polres Trenggalek, Polres Blitar, Polres Kediri dan Polres Kediri Kota sebagai tuan rumah.

Menurut Kepala Biro SDM Polda Jawa Timur, Kombes Pol Ihsan Amin, kegiatan ini adalah program menjadi instruksi langsung pimpinan Polri, yang bertujuan menyiapkan anggota Polri agar memiliki kompetensi menjelang pensiun.

“Diharapkan mereka mampu menciptakan lapangan kerja, memiliki keterampilan dalam rangka memasuki masa pensiun,” papar Ihsan Amin.

Pelatihan yang diberikan berupa teori serta praktek secara langsung. Polda Jawa Timur menggandeng pihak swasta, untuk membantuk menunjang potesi keterampilan yang telah dimiliki.

“Kami dari Kepolisian Daerah Jawa Timur, mengadakan pelatihan ini denagn kesleuruhan peserta sebanyak 1.691 orang. Kita bagi menjadi delapan zona dengan karakteristik wilayah sesuai dengan tempat tersebut,” ujarnya.

Beberapa materi pelatihan yang diberikan diantaranya bercocok tanam, serta materi lain yang disesuaikan dengan karakter wilayah. Diharapkan setelah mengikuti pembekalan dan pelatihan ini, anggota Polri maupun ASN Polri yang akan memasuki masa Pensiun memiliki usaha sampingan saat pensiun nanti.

Setelah acara pengarahan selesai, para peserta ini diberikan contoh beberapa anggota Polri aktif maupun pensiun, yang telah memiliki usaha sampingan. Kapolsek Semen, Kediri AKP Karyoko mengatakan, dirinya menyambut baik acara ini yang dapat memberi gambaran mengenai usaha di masa depan setelah pensiun dari kedinasan.

“Ya masih belum tahu, saya masih dua tahun lagi. Kemunginan nanti wiraswasta,” ujar Karyoko.

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Kediri Jumadi mengatakan, Pemerintah Kota akan memfasilitasi dan memberikan pendampingan bagi para pelaku usaha, termasuk para pensiunan Polri dan ASN Polri yang ingin memulai usaha.

“Nanti kita fasilitasi, marketing bisa ikut pameran di Jakarta, atau jika memang bagus kita ikutkan ke Expo. ASN atau Polri bisa ikut, kita ajak organisasi ya,” kata Jumadi.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.