PWI Banyuwangi Bagikan Sembako Gratis Pada Masyarakat Miskin Pesisir

Yovie Wicaksono - 19 June 2017
Puluhan Wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banyuwangi sedang memberikan bantuan sembako gratis kepada warga miskin (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Puluhan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banyuwangi, membagikan sembako gratis kepada masyarakat pesisir pantai Banyuwangi, tepatnya di Lingkungan Keramat Kelurahan Kertosari, Kecamatan Banyuwangi, Sabtu (17/6/2017).

Kedatangan puluhan wartawan ini mengejutkan warga di wilayah itu, karena jumlah mereka yang cukup banyak dan datang secara mendadak.

“Ada apa ini, kok banyak orang,” ucap Tasmi, salah seorang warga.

Ia baru sadar saat para pewarta berita itu mendatangi gubuknya, dengan membawa bantuan berupa sembako.

“Terima kasih, saya merasa senang, ini sangat membantu kami. Semoga yang kuasa yang bisa membalas,” ungkapnya.

Tasmi bersama Hanafi, suaminya, mengaku senang mendapat bantuan sembako dari para wartawan. Sehari-hari, pasangan ini adalah pencari lumut untuk umpan ikan, yang penghasilannya tidak menentu.

“Nyari lumut buat umpan pancing, untuk orang mencari ikan. Biasanya pelanggan saya ya Pak Polisi dan orang-orang itu dah. Sehari paling dapat Rp. 10 ribu sampai Rp. 15 ribu, gak tentu,” sahut Hanafi.

Hanafi mengaku sudah puluhan tahun tinggal di rumah kecil berbilik bambu. Ironisnya, tempat sebidang itu bukanlah milik pribadinya.

“Tanah ini masih numpang milik orang,” ujarnya.

Rombongan juga  mendatangi warga miskin lainnya, dan memberikan 36 bingkisan sembako pada warga di sejumlah wilayah.

“Hari ini PWI Banyuwangi melakukan bakti sosial memberikan bantuan pada warga miskin, yang kebetulan kita laksanakan di Lingkungan Kramat, Kelurahan Kertosari, Kecamatan Banyuwangi,” kata Kordinator Baksos PWI Banyuwangi, Muhamad Hujaini.

Kegiatan ini, kata Hujaini, merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan PWI Banyuwangi selama bulan Ramadhan. Bantuan yang terkumpul berasal dari sumbangsih para wartawan yang tergabung di dalamnya.

“Alhamdulillah, bantuan ini murni dana yang dikumpulkan dari teman-teman PWI Banyuwangi yang kemudian diberikan kepada warga dalam bentuk bantuan sembako,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Banyuwangi Syaifudin Mahmud mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian anggotanya pada warga yang masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan.

“Kedepan, kegiatan ini akan kita rutinkan. Tidak hanya akan memberikan bantuan pada fakir miskin dan du’afa tapi juga anak yatim dan terlantar. Kita nanti akan kemas sedemikian rupa, apakah dalam bentuk santunan atau buka bersama,” pungkas Syaifudin.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.