Puti Guntur Soekarno Ajak Masyarakat Kediri Lestarikan Budaya Bangsa

Yovie Wicaksono - 11 February 2018
Puti Guntur Soekarno menghadiri pagelaran wayang kulit di Kabupaten Kediri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mengunjungi kawasan wisata Sendang Tirto Kamandanu, yang terletak di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Kedatangan Puti di tempat itu untuk menghadiri pagelaran wayang kulit.

Puti mengajak masyarakat untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya bangsa, termasuk seni wayang kulit.

“Jangan kita lupa, bahwa memiliki kepribadian dalam kebudayaan menjadi penting, untuk membangun jiwa menjadi benteng kejayaan bangsa Indonesia,” kata Puti.

Puti juga menyampaikan makna lagui kebangsaan Indonesia Raya, pada bait ‘Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badanya’, karena di dalamnya merupakan inspirasi untuk mendorong kita membangun fisik dan juga jiwa. Pancasila kata Puti, sangat logis dijadikan falsafah dan idelogis bangsa.

“Tentunya para anak muda harus memiliki jiwa dan falsafah hidup. Bangsa ini pun juga punya falsafah Pancasila,” ujar Puti.

Pergelaran wayang kulit yang digelar pada Sabtu malam, mengambil lakon Semar Medar Sabdho, dengan dalang Ki Degleng Putra Solo. Sebelumnya, ketika tiba di Kawasan Petilasan Prabu Jayabaya, penyelenggara secara simbolis menyerahkan kaos bertuliskan Jatim Tresno, dan Lukisan Wayang Bathara Wisnu.

Dalam kunjunganya di Kediri, Puti Guntur Soekarno juga sempat singgah di Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, yang lokasinya berada di lereng kaki Gunung Kelud.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.