Puluhan Rumah di Kediri Diterjang Angin Puting Beliung

Petrus - 2 April 2018
Salah satu rumah di Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, yang roboh diterjang angin puting beliung (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Puluhan rumah di Desa Wonorjeo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri mngalami kerusakan setelah wilayah itu diguyur hujan selama sekitar 20 menit disertai angin piting beliung. Total bangunan yang rusak berjumlah lebih dari 30 rumah. Tidak hanya bangunan, terjangan angin puting beliung juga merobohkan sejumlah pohon.

Menurut data yang dihimpun, kejadian ini menimpa sedikitnya 3 dusun di Desa Wonorejo, Kecamatan Ngadiluwih. Dari puluhan rumah warga yang mengalami kerusakan, empat rumah diantaranya mengalami rusak berat. Tiga dusun yang terdampak bencana angin puting beliung antara lain, Kolak, Tegal Rejo dan Teratih.

Menurut keterangan Suhadi, sebelum angin datang kondisi cuaca di wilayah Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten sedang turun hujan deras. Tidak lama kemudian datang angin kencang yang berputar-putar dan menerpa sejumlah bangunan yang dilewatinya. Kejadian itu membuat warga takut dan menyelamatkan diri.

“Angin kencang sekali, sambil muter muter. Kurang lebih 20 menit, hujan deras juga turun dengan derasnya,” kata Suhadi, Senin (2/4/2018).

Pasca kejadian itu, warga bergotong royong melakukan perbaikan rumah atau bangunan yang mengalami kerusakan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Randy Agatha menjelaskan, pihaknya masih belum dapat memastikan jumlah rumah yang mengalami keruskan, akibat bencana angin puting beliung. Tidak hanya di wilayah Kecamatan Ngadiluwih, peristiwa serupa juga terjadi di tempat lain.

“Kami masih assessment, di Kecamatan Kandangan, Badas dan Ngadiluwih. Nanti hasilnya kami sampaikan,” kata Randy Agatha.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.