PT KAI Daops 9 Jember Sudah Angkut 72 Ribu Penumpang

Petrus - 30 June 2017
Para pemudik yang sudah mulai kembali ke kota asalnya bekerja sudah mulai berdatangan di stasiun Banyuwangi Baru (foto : Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Sejak H-10 hingga H+5 Lebaran Idul Fitri 2017, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 9 Jember telah mengangkut 72 Ribu lebih penumpang. 72 Ribu penumpang tersebut dilayani dengan tujuh rangkaian gerbong kereta api,  mulai dari Banyuwangi-Jember, Banyuwangi-Surabaya Gubeng, Banyuwangi-Malang, hingga jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Jogyakarta.

Berdasarkan pantauan Superradio di dua stasiun Karang Asem dan Banyuwangi Baru, Jumat (30/6/2017), di kedua stasiun tersebut mulai terjadi kepadatan arus balik Lebaran. Sejak pagi hari, pukul 05.00 WIB, masyarakat yang akan balik ke wilayah Malang dan sekitarnya sudah mulai antri untuk naik kereta Tawang Alun. Begitu juga dengan kereta api lokal yang akan berangkat ke Jember, sudah mulai banyak yang menunggu.

Berdasarkan data dari PT. KAI Daops 9 Jember, pada arus mudik dan balik ini mengerahkan tujuh rangkain gerbong kereta api. Tiga rangkaian kereta untuk kelas eksekutif bisnis yang melayani rute Banyuwangi-Surabaya Gubeng. Empat rangkaian gerbong kelas ekonomi jarak jauh, sedang dan lokal yang melayani rute Banyuwangi-Jember, Banyuwangi-Malang, dan Banyuwangi-Lempuyangan Jogyakarta.

Berdasarkan data yang sudah masuk di Daops 9 Jember mulai H-10 sampai H+3 Lebaran atau hari Rabu (28/6/2017) kemarin, jumlah keseluruhan penumpang kereta api mencapai 72.742 orang. Untuk kelas ekonomi sebanyak 37.908 orang, kelas Bisnis sebanyak 7.120 orang dan kelas Eksekutif sebanyak 5.408 orang.

Sedangkan untuk kelas lokal raya atau kereta api Pandanwangi jurusan Banyuwangi-Jember, jumlah penumpangnya adalah 22.306 orang. Diperkirakan puncak arus balik penguna jasa kerata api Daops 9 Jember terjadi pada hari Sabtu (1/7/2017) dan Minggu (2/7/2017).(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.