PT KAI Daops 9 Jember Siapkan 1 Gerbong Tambahan Selama Libur Idul Adha

Petrus - 31 August 2017
Rangkaian Kereta Api jarak jauh Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya berangkat dari stasiun Karangasem Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 9 Jember menyiapkan 1 gerbong tambahan, di rangkaian kereta api Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya. Hal ini untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang kereta api pada hari raya Idul Adha 2017, yang jatuh pada 1 September 2017 besok.

Humas PT.KAI Daops 9 Jember, Luqman Arif kepada Super Radio menjelaskan, untuk memenuhi permintaan masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi Kereta Api pada saat hari raya Idul Adha 2017 besok, PT KAI menambah 1 kereta kelas ekonomi pada rangkaian KA Mutiara Timur siang dan KA Mutiara Timur malam. Rangkaian kereta api kelas ekonomi tersebut harganya disesuaikan dengan harga rangkaian kereta api kelas ekonomi lainnya, yakni Rp 100.000.

Menurutnya, kereta tambahan tersebut ada pada perjalanan mulai tanggal 30 Agustus sampai 3 September 2017.  Disamping itu, untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa kereta api pada saat hari raya Idul Adha, PT KAI telah menugaskan seluruh pegawai Daops 9 Jember untuk membuka posko di stasiun masing-masing selama 4 hari, mulai 31 Agustus sampai 3 September 2017.

“Posko tersebut dibuka di stasiun yang mengalami kenaikan jumlah penumpang, baik yang naik ataupun turun. Misal, Stasiun Banyuwangi Baru, Karangasem, Rogojampi, Kalisat, Jember, Rambipuji, Klakah, Probolinggo dan Pasuruan,” ujarnya.

Dikatakan oleh Luqman Arif, di Daops 9 Jember, setiap hari ada 7 keberangkatan KA jarak jauh, yakni KA Mutiara Timur Siang dan Malam, jurusan Banyuwangi-Surabaya, Sri Tanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan, Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya, Tawang Alun jurusan Banyuwangi-Malang, Logawa jurusan Jember-Purwokerto, dan KA Rangga Jati jurusan Jember-Cirebon.

“Sedangkan untuk KA lokal, di Daops 9 Jember ada 4 kali perjalanan, yaitu KA lokal  Pandan Wangi jurusan Jember-Banyuwangi PP,” katanya.

Untuk jumlah tempat duduk pada KA jarak jauh, setiap hari tersedia 3.750 dan untuk KA lokal 2.824. Jadi total semuanya tersedia 6.574 tempat duduk untuk setiap harinya.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.