Presiden Prioritaskan Suplai Semen dan Baja ke NTB

Yovie Wicaksono - 15 August 2018
Presiden Joko Widodo Saat Berada di Tenda Pengungsian Gempa Lombok, Foto : (Istimewa)

SR,  Lombok Utara – Rekonstruksi fasilitas umum dan rumah warga yang rusak akibat bencana gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), membutuhkan banyak ketersediaan bahan bangunan seperti semen dan baja. Permintaan yang meningkat atas bahan bangunan tersebut menimbulkan kekhawatiran akan melonjaknya harga bahan-bahan tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri BUMN untuk segera mengirimkan suplai bahan bangunan dalam jumlah besar ke Provinsi NTB. Ia juga meminta menteri terkait untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan semen dan baja selama proses rekonstruksi berlangsung.

“Tadi malam saya sudah telepon ke Menteri BUMN, yang berkaitan dengan semen hari ini akan mulai disuplai besar-besaran ke sini. Harga tidak akan naik serupiahpun, langsung dari pabrik. Baja juga sama, sudah saya perintahkan tadi malam untuk langsung disuplai. Hari ini sudah berangkat,” kata Jokowi di Dusun Trengan, Kecamatan Pemenang Timur, Kabupaten Lombok Utara, Selasa (14/8/2018).

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan jajarannya untuk segera membangun kembali pasar-pasar yang roboh akibat gempa. Dengan begitu, diharapkan aktivitas ekonomi warga setempat akan kembali berjalan normal kembali.

Seperti diketahui, pada Minggu (5/8/2018), Lombok, NTB diguncang gempa bermagnitudo 7 skala richter. Hingga kini, penanganan korban gempa terus dilakukan. Hingga berita ini ditulis, kerugian akibat gempa diperkirakan mencapai Rp 5 triliun. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.