Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung

Yovie Wicaksono - 24 November 2018

SR, Lampung –┬áPresiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan tol Trans Sumatera, di Provinsi Lamping, di ruang jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan panjang keseluruhan mencapai 140,83 kilometer. Ruas jalan tol itu nantinya akan terhubung hingga Palembang, dengan panjang kurang lebih 350 kilometer.

“Kita harapkan ini (Bakauheni-Terbanggi Besar) akan diselesaikan Desember ini. Kemudian yang sampai Palembang akan kita selesaikan nanti pertengahan 2019,” kata Presiden Joko Widodo, Jumat (23/11/2018).

Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat memberikan dampak positif, bagi kelancaran mobilitas barang dan orang di Pulau Sumatera. Dengan ruas jalan tol Trans Sumatera yang akan tersambung satu sama lain, distribusi logistik akan menjadi lebih efisien. Terhubungnya kawasan-kawasan industri dan ekonomi khusus dengan jalan tol Trans Sumatera ini, juga akan membuat kawasan itu semakin diminati para investor.

“Kita harapkan dengan terbangunnya ini, daya saing akan lebih baik, titik-titik pertumbuhan ekonomi di sekitar jalan ini akan terintegrasikan nantinya dengan kawasan-kawasan industri dan kawasan-kawasan ekonomi khusus, yang semua sedang dalam proses dibangun,” ujar Presiden Jokowi.

Secara keseluruhan, Presiden Joko Widodo menyebut bahwa jalan tol Trans Sumatera diperkirakan akan terhubung mulai dari Bakauheni hingga Banda Aceh, pada 2024 mendatang.

“Tadi saya baru saja hitung-hitungan dengan Pak Menteri PU (Pekerjaan Umum), mungkin 2024 insyaallah,” tuturnya.

Ruas jalan tol yang ditinjau Presiden Jokowi, kali ini sudah berada dalam tahap penyelesaian akhir, dengan proses pembangunan fisik telah mencapai di atas 96 persen. Diperkirakan ruas itu telah dapat dioperasikan pada Desember 2018 ini.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.