Presiden Jokowi Sebut Perppu Ormas Untuk Jaga Persatuan dan Kebinnekaan

Yovie Wicaksono - 27 October 2017
Presiden Joko Wododo berbicang dengan salah satu peserta pada pembukaan Rakernas Walubi di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta (foto : Superradio/Niena Suartika)

SR, Jakarta– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menegaskan, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang telah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat menjadi UU, itu dibuat untuk menjaga persatuan bangsa.

“Untuk apa Perppu Ormas ini dibuat? Jelas sekali untuk menjaga persatuan kita, untuk menjaga kebinnekaan kita, untuk menjaga ideologi negara kita Pancasila, untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Presiden Jokowi, saat memberikan sambutan di peresmian Rakernas Walubi di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis, (26/10/2017).

Jokowi mengatakan, Perppu Ormas dibentuk karena menyangkut eksistensi negara di masa-masa mendatang, supaya jangan sampai ada yang coba-coba untuk mengganti ideologi negara kita.

“Perppu Ormas yang telah disahkan oleh DPR dengan mayoritas mutlak. Yang hadir 445, yang mendukung 314, yang tidak mendukung 131. Artinya jelas, banyak yang mendukung,” kata Jokowi.

Perppu Ormas resmi disahkan oleh DPR menjadi UU menggantikan UU Nomor 17 Tahun 2013, pada Selasa (24/10). Mayoritas anggota Dewan saat itu menyetujui Perppu tersebut untuk disahkan secara mutlak menjadi Undang-undang.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.