Presiden Jokowi Minta Timnas U-16 Tetap Kerja Keras

Petrus - 4 October 2018

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangganya kepada Tim Nasional U-16 dalam kejuaraan Piala AFF U-16 maupun kompetisi Piala AFC U-16, yang berlangsung beberapa waktu lalu. Hal itu disampaikan Presiden, saat menerima para pemain timnas U-16, pelatih, beserta offisial, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, (4/10/2018).

“Saya melihat di TV perjuangan kerasnya dan hasilnya bisa kita lihat. Saya senang banget waktu saudara-saudara melawan Iran dan menang (Piala AFC U-16). Melawan India 0-0 senang lagi saya,” ucapnya.

Hanya saja, saat melawan Australia, tim berjuluk Garuda Asia itu memang masih harus mengakui keunggulan lawannya dengan hasil 2-3, dan itu menghentikan langkah Indonesia di perempat final.

“Memang masih memerlukan kerja keras lagi untuk sebuah capaian yang lebih baik. Saya kira kesempatan dan peluang masih banyak,” tutur Presiden.

Terkait hal itu, Kepala Negara meminta Menteri Pemuda dan Olah Raga untuk menjaga tim yang sudah terbentuk ini, agar dapat menapaki level teratas di tingkat usia yang lebih tinggi, bahkan hingga mencapai tim senior. Demikian halnya dengan pelatih dan para offisial.

“Saya lihat saudara-saudara ini memiliki talenta dan bakat,” ujarnya.

Presiden juga memberikan sedikit nasihat bagi para pemain usia di bawah 16 itu. Ia mengaku sempat memperhatikan tren penurunan prestasi para pemain, yang mulai beranjak ke jenjang usia selanjutnya karena suatu hal.

“Menjadi menurun setelah U-19, saya amati dari dulu karena adanya perubahan gaya hidup. Tolong ini dijaga betul. Sudahlah, tetap seperti ini: kerja keras,” kata Presiden.

“Tetap rendah hati, tetap kerja keras, kalau ada pendapatan lebih ditabung. Saya titip itu saja,” sambungnya.

Selepas pertemuan, Presiden mengatakan bahwa dirinya berharap agar timnas U-16 ini terus diasah kemampuannya dengan mengikuti sejumlah kompetisi tingkat dunia. Untuk mendukung hal itu, dirinya akan mengupayakan agar ada BUMN yang mau mensponsori pelatihan dan pendidikan mereka hingga mencapai tingkat selanjutnya.

“Saya tadi janji akan mencarikan BUMN yang bisa menjadi bapak angkat sehingga mereka bisa berkonsentrasi penuh dan dibackup oleh anggaran dalam mempersiapkan U-16 ini ke depannya baik nanti meningkat di U-19 atau di tingkat senior,” ucapnya.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.