Presiden Jokowi Minta Sutopo BNPB Tetap Jadi Inspirasi

Petrus - 6 October 2018
SR, Bogor – Keinginan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho untuk dapat bertemu dan berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo akhirnya terwujud. Pada Jumat (5/10/2018) siang, Presiden Joko Widodo menerima Sutopo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.
Kedatangan Sutopo disambut hangat oleh Presiden Jokowi, dan keduanya kemudian melakukan pembicaraan seputar penanganan bencana di Sulawesi Tengah.
“Saya melihat bila ada bencana, baik yang berkaitan dengan gempa, longsor, tsunami, atau kebakaran, Pak Sutopo ini selalu tampil menginformasikan dengan cepat,” ujar Presiden Joko Widodo, usai pertemuan, Jumat.
Sutopo dalam kesehariannya aktif mengabarkan informasi terkini soal bencana, terutama di media sosial. Menurut Jokowi, informasi yang disampaikan Sutopo sangat mudah dicerna oleh masyarakat pada umumnya.
“Penjelasannya juga gamblang dan gampang diterima oleh masyarakat. Informasi-informasi itu sehari tidak disampaikan sekali, tapi bisa sampai lima kali sehingga informasi-informasi yang ada di lapangan selalu gamblang dan jelas,” kata Presiden.
Menanggapi kondisi kesehatan Sutopo, Jokowi mengakui bahwa dirinya baru saja dikabarkan mengenai hal itu. Jokowi cukup terkejut mengetahui bahwa di tengah gangguan kesehatan yang dialami oleh Sutopo, ia tetap mampu mendedikasikan diri dalam pekerjaannya melayani masyarakat.
“Ini saya kira sangat menginspirasi kita, bahwa dalam kondisi sedang sakit masih mendedikasikan semangatnya untuk pekerjaan yang digelutinya dalam sekian tahun ini,” kata Jokowi.
Sementara itu, Sutopo menyebut pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo merupakan momen yang luar biasa bagi dirinya. Terlebih, keinginannya untuk dapat berjabat tangan langsung dengan Presiden telah terwujud.
“Saya diberikan foto dengan tanda tangan langsung Bapak Presiden. Ini adalah kado terindah saya menjelang ulang tahun tanggal 7 Oktober,” kata Sutopo.
Dalam album foto itu tampak tulisan tangan dan tanda tangan Presiden Joko Widodo, yang berbunyi; ‘Tetaplah menjadi inspirasi’.
Meskipun mengalami gangguan kesehatan, Sutopo tetap beraktivitas dan melayani kebutuhan informasi terkait kebencanaan. Hal ini terlihat dari aktifnya media sosial Sutopo  yang selalu mengabarkan informasi terkini terkait bencana yang memang menjadi tugasnya. Sikap dan tindakan Sutopo inilah, yang melandasi Presiden Jokowi mengatakan terdapat inspirasi dalam diri Sutopo yang patut diteladani semua pihak.
Lewat unggahannya beberapa hari lalu, Sutopo bahkan masih sempat membesarkan hati dan memberikan semangat bagi orang lain yang serupa dengannya.
“Meski kanker paru stadium 4B, saya tetap berusaha melayani media dan masyarakat dengan baik. Untuk rekan penyintas kanker, jangan patah semangat. Tetap sabar, kerja, dan berdoa. Hidup itu bukan panjang-pendeknya usia. Tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain,” cuitnya pada 1 Oktober 2018.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.