Presiden Jokowi Lantik Andika Perkasa Sebagai KSAD

Yovie Wicaksono - 22 November 2018

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo melantik Letnan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Pengangkatan Andika Perkasa berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 97/TNI/TAHUN 2018 yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 22 November 2018. Andika Perkasa resmi menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang akan memasuki masa pensiun.

Bersamaan dengan itu, Andika juga mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, menjadi Jenderal TNI berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 98/TNI/TAHUN 2018.

“Kita melihat rekam jejak. Saya kira Pak Andika ini pernah di Kopassus, Kodiklat, Pangdam, Kostrad, kemudian sebelumnya pernah di Penerangan juga. Saya kira tour of dutynya komplet. Pernah juga menjadi Komandan Paspampres. Saya kira komplet semua,” ujar Presiden Joko Widodo, mengomentari sosok Andika usai pelantikan.

Pria kelahiran 21 Desember 1964 itu sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) sejak 23 Juli 2018. Andika juga pernah menjabat sebagai Dankodiklat TNI AD, Pangdam XII/Tanjungpura, Danpaspampres, dan Kadispen TNI AD. Ia lulus dari Akademi Militer pada tahun 1987.

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dan jabat tangan yang dimulai dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, untuk kemudian diikuti oleh sejumlah tamu undangan yang hadir.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.