Presiden Diharapkan Hadiri Puncak HAN 2018

Yovie Wicaksono - 22 July 2018
Peresmian Forum Anak Nasional 2018 di Surabaya/Foto: Istimewa)

SR, Surabaya – Anak-anak yang menjadi peserta Forum Anak Nasional 2018 di Surabaya berharap besar Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan puncak Hari Anak Nasional 2018 di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (23/7/2018).

“Pemimpin itu panutan rakyat. Kalau Presiden Jokowi hadir, kami pasti akan lebih terinspirasi,” kata perwakilan Forum Anak Papua Barat Christin Chatrin Nebore, yang ditemui Antara di sela-sela Forum Anak Nasional 2018 di Surabaya, Sabtu (21/7/2018).

Christin mengatakan kehadiran Presiden Jokowi juga menunjukkan timbal balik bahwa dia akan mendengarkan suara anak-anak Indonesia.

Bila ada kesempatan bertemu dan berdialog langsung dengan Presiden Jokowi, siswi SMA Negeri 3 Sorong itu mengatakan akan menyampaikan suara-suara anak Indonesia, terutama dari Papua Barat.

“Sudah ada fasilitas yang dibangun di Papua Barat, tetapi masih ada permasalahan yang dihadapi anak-anak. Anak-a ak masih sering diabaikan dan dianggap sepele,” tuturnya.

Hal ini juga disampaikan perwakilan Forum Anak Aceh, Abdullah, dan perwakilan Forum Anak Jawa Timur, Syifa Rahmalia Putri.

Abdullah, yang merupakan ketua Forum Anak Kabupaten Aceh Utara itu mengatakan kehadiran Presiden Jokowi akan meningkatkan semangat mereka.

“Presiden saja semangat untuk hadir ke puncak Hari Anak Nasional, masa kami tidak,” ujarnya.

Siswa SMA Negeri 1 Banda Baru itu berharap Presiden Jokowi mendengar setiap suara anak Indonesia. Bila suara-suara anak Indonesia didengar, dia yakin anak-anak akan bisa memenuhi harapan seluruh bangsa di masa depan.

Sementara Syifa mengatakan ingin menyampaikan suara anak-anak dari seluruh Indonesia yang mereka rumuskan bersama dalam Forum Anak Nasional 2018.

“Bertemu Presiden akan membuat kami bersemangat merealisasikan apa kami diskusikan di sini,” kata siswi SMA Negeri 1 Kediri itu.

Puncak peringatan Hari Anak Nasional 2018 akan dilaksanakan di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan dan dihadiri 500 orang dewasa dan 3.000 anak mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), SD sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat, anak-anak panti asuhan, perwakilan Forum Anak Nasional dan anak penyandang disabilitas.

Peringatan Hari Anak Nasional 2018 adalah “Anak Indonesia, Anak GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat)”. Presiden Jokowi dijadwalkan mewawancarai lima anak GENIUS berprestasi di bidangnya masing-masing. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.