Presiden Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional Untuk 4 Tokoh

Petrus - 10 November 2017
Presiden Joko Widodo menyerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada empat tokoh yang diwakili para ahli waris, di Istana Negara, Jakarta (foto : Superradio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Memperingati Hari Pahlawan Nasional, Presiden Joko Widodo menyerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada empat tokoh yang telah ditentukan berdasarkan pedoman yang ada.

Keempat tokoh dimaksud ialah Tuan Guru K.H. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid asal Nusa Tenggara Barat, Laksamana Malahayati dari Aceh, Sultan Mahmud Riayat Syah dari Kepulauan Riau, dan Prof. Drs. H. Lafran Pane asal Yogyakarta.

Gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada keempatnya melalui Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/Tahun 2017 tanggal 6 November 2017 dan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/11/2017), dengan dihadiri oleh ahli waris dari keempat tokoh tersebut.

Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Sekretariat Militer Presiden Laksma TNI Imam Suprayitno mengatakan, penganugerahan gelar pahlawan nasional tersebut memperhatikan petunjuk Presiden Republik Indonesia sesuai usulan dari Kementerian Sosial mengenai permohonan pemberian gelar pahlawan nasional.

“Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan ini merupakan amanat dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009,” kata Imam.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.