Presiden Akan Cek Langsung Kelangkaan Garam

Petrus - 27 July 2017
Presiden Joko Widodo (fofo : Superradio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengetahui adanya kelangkaan garam di beberapa daerah di Indonesia. Ia juga telah mendengar langsung keluhan yang datang dari sejumlah pemerintah daerah, yang mengalami kelangkaan garam.

“Masalah garam memang disampaikan banyak bupati, wali kota, dan gubernur. Kita ingat bahwa musim hujan sekarang ini juga agak mundur, sehingga produksi garam di petani juga agak turun,” ujar Jokowi di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Jokowi memastikan, dirinya akan turun langsung untuk menanyakan permasalahan yang ada kepada jajaran terkait. Presiden juga berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan ini dengan segera.

“Saya nanti akan cek langsung ke beberapa Menteri dan BUMN terkait. Saya akan lihat masalahnya apa. Kalau ada masalah di pasokan, distribusi, ya itu yang akan kita selesaikan,” kata Jokowi.

Kelangkaan terjadi di banyak daerah di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Jawa, Bali, dan Sumatera. Tingginya kebutuhan akan garam hingga kini belum dapat diimbangi oleh produksi dalam negeri. Hingga kini, produksi garam nasional mencapai 1,8 juta ton per tahun. Sementara total kebutuhan garam untuk konsumsi dan industri mencapai 4,3 juta ton per tahun.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.