Ponorogo Kekurangan Armada Angkutan Gratis ke Sekolah

Yovie Wicaksono - 29 August 2018
SR, Ponorogo – Pemerintah Kabupaten Ponorogo telah menghadirkan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) khususnya kepada para siswa Sekolah Menengah Pertama, yang bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya di kalangan pelajar. Namun, angkutan yang saat ini banyak diminati para siswa karena gratis, dirasa kurang memadai untuk mengangkut seluruh siswa.
Hal ini dapat dilihat dari selalu penuhnya angkutan bagi para pelajar itu. Bahkan tidak jarang, satu armada penuh dengan siswa yang berangkat dan pulang sekolah.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo, Djunaedi memgatakan, dari total 41 unit armada yang saat ini tersedia, jumlah itu masih belum ideal untuk mengangkut para pelajar di Ponorogo. Menurutnya, dibutubkan sedikitnya 60 unit angkutan untuk melayani para siswa.
“Ada 4.500 siswa yang idealnya menggunakan ACS ini, akan tetapi hanya bisa terangkut sekitar 1.200 siswa saja, bahkan kadang ada siswa yang tidak kebagian armada karena penuh,” kata Djunaedi, Rabu (29/8/2018).
Djunaedi menambahkan, animo siswa yang cukup tinggi itu membuat pihak sekolah meminta penambahan jumlah armada ACS.
“Karena anggaran terbatas, kami coba mengevaluasi dari 22 trayek yang ada saat ini, mana saja yang kurang penumpang,” terang dia.
Hasil evaluasi ditemukan ACS trayek Desa Jambon yang hanya penuh pada hari Senin saja, sedangkan hari lainnya cenderung sepi.
“Dari 2 armada di Jambon, saya tarik 1 ke Setono, di Setono ini banyak sekali penumpangnya,” lanjutnya.
Djunaedi mengaku, pihaknya telah mengajukan penambahan armada, namun hingga saat ini belum ada kejelasan kapan armada ACS dipenuhi. Padahal keberadaan ACS dapat membantu para pelajar, terutama di tingkat SMP agar tidak membawa sepeda motor pribadi untuk ke sekolah.
“Kami kan tujuannya mengurangi angka kecelakaan, mengurangi jumlah pelanggar lalu lintas serta membantu anak yang kurang mampu supaya gratis menuju sekolah,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.