Polresta Kediri Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pilkada 2018

Petrus - 5 January 2018
Kapolresta Kediri AKBP Anthon Heryadi memeriksa kesiapan pasukan pengamanan Pilkada serentak 2018 (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Polres Kota Kediri mengadakan gelar pasukan di Lapangan Kompi 1 Detasmen C, Satbrimob Polda Jawa Timur, Kota Kediri, Jumat (5/1/2018). Gelar pasukan dalam rangka pengamanan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Pelaksanaan Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2018 ini bertema, Polri Yang Promoter Siap Mengamankan Pilkada Serentak Tahun 2018. Apel pasukan dipimpin langsung Kapolresta Kediri AKBP Anthon Heryadi. Di Wilayah Kota Kediri, tahun ini akan ada dua agenda Pilkada, diantaranya Pemilihan Gubernur Jawa Timur, dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri.

Operasi Mantap Praja mulai efektif dilaksanakan pada 8 Januari 2018. Jumlah personel yang dilibatkan sekitar 1.113 personel, yang terdiri dari 614 anggota Polri, 200 anggota gabungan Brimob dan TNI, serta unsur keamanan lainya termasuk Linmas.

“Yang pasti kita sudah menunjuk 69 orang sesuai TR (telegram rahasia) tersebut, untuk diberikan pelatihan di Polda Jatim selama tiga hari. Nanti mereka kita kirim,” ujar AKBP Anthon Heryadi.

69 anggota yang dikirim ke Polda Jawa Timur itu sebelumnya telah menjalani tahap seleksi. Mereka yang diberangkatkan terdiri dari berbagai unsur, yakni Sabahara, Intelijen, serta unsur Lalu Lintas.

Mengingat wilayah hukum Polres Kediri Kota tidak hanya di wilayah Kota Kediri saja, melainkan juga di Kabupaten Kediri, maka fokus perhatian pengamanan pelaksanan Pilkada terbagi menjadi dua. Maka pihaknya telah menginventarisir melakukan pemetaan, daerah mana yang perlu mendapat perhatian lebih.

“Sejauh ini kami melihat masih kondusif, tapi kami tidak underestimate sehingga kami telah menyiagakan satu SSK Dalmas Sabahara Polda Jatim, dan 1 SSK Brimob,” tandasnya.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.