Polres Ponorogo Gelar Kapolres Cup Lomba Adu Ketangkasan Mengayuh Becak

Petrus - 18 April 2018
Suasana lomba adu ketangkasan mengayuh becak yang digelar Polres Ponorogo (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Ponorogo – Polres Ponorogo menggelar lomba ketangkasan mengayuh becak, pada ajang Kapolres Cup 2018. Lomba ini dilakukan untuk menyosialisasikan pelarangan becak motor melintas di dalam Kota Ponorogo, dan pengemudi becak motor kembali pada becak konvensional.

Lomba adu ketangkasan mengemudikan becak diikuti 380 peserta, digelar di depan paseban alun-alun Ponorogo yang dibuat mirip arena balapan. Lomba yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah ini, mengharuskan para pengayuh becak untuk beradu kecepatan melewati rintangan yang menguji ketangkasan pengayuh becak.

“Tujuan dari lomba ini adalah untuk mengajak rekan-rekan pengemudi becak agar disiplin serta bisa tertib dalam berlalu-lintas,” kata Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant, Rabu (18/4/2018).

Kapolres Ponorogo juga menyosialisasikan larangan memodifikasi kendaraan bermotor menjadi becak, karena selain dapat membahayakan juga melanggar aturan perundang-undangan dalam berlalu lintas.

“Selain berbahaya, jika misalnya terjadi kecelakaan, pengemudi dan penumpang bentor ini tidak masuk dalam asuransi jasa raharja, karena telah melanggar aturan lalu lintas,” jelasnya.

Dengan banyaknya peserta lomba dari para pengayuh becak, Kapolres Ponorogo berencana akab mengadakan lomba seperti ini rutin setiap tahun, sehingga tidak ada lagi panarik bentor di Ponorogo.

Senen, salah satu pengayuh becak yang ikut lomba mengaku sangat antusias mengikuti lomba ini. Meski usianya sudah lebih dari 70 tahun, namun mengayuh becak adalah pekerjaan utamanya.

“Meski kalah tidak apa-apa, asal bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan teman-teman, saya sudah senang. Sekaligus ini sebagai hiburan,” tuturnya.

Selain memperebutkan hadiah utama dan hadiah hiburan lainnya, juga diadakan pembagian sembako serta pemeriksaan kesehatan gratis untuk para pengayuh becak.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.