PMI Banyuwangi Pastikan Stok Darah Aman Hingga Lebaran

Yovie Wicaksono - 6 June 2017
Kegiatan Donor Darah On The Bus yang dilaksanakan oleh Unit Transfusi Darah PMI Banyuwangi, di depan Pendopo Saba Swagata Blambangan Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Stok darah di Unit Transfusi Darah PMI Cabang Banyuwangi diperkirakan aman hingga Lebaran mendatang. Hal ini karena PMI Cabang Banyuwangi mempunyai program Donor On The Bus dan Donor Tour The Hospital.

Menurut Bagian Penyadapan Darah pada Unit Transfusi Darah PMI Cabang Banyuwangi Ade Rudiana, program tersebut sudah berjalan selama 2 tahun sebagai antisipasi kekerungan stok darah di PMI Cabang Banyuwangi. Program Donor Darah On The Bus pada bulan Ramadhan ini, ditempatkan di depan Pendopo dan di Taman Blambangan Banyuwangi, dengan tema “Bulan Ibadah Dengan Donor Darah.”

“Untuk tahun 2017 ini, Donor Darah Tour The Hospital kita hilangkan, dan kita gebyar Donor Darah On The Bus. Hal ini karena animo masyarakat semakin meningkat,” kata Ade, ditemui saat melakukan donor darah di depan Pendopo Saba Swagata Blambangan, Banyuwangi, Selasa (6/6/2017).

Kegiatan Donor Darah On The Bus yang digelar selama bulan Ramadhan ini ternyata banyak diminati masyarakat Banyuwangi, terbukti dengan banyaknya warga yang datang untuk mendonorkan darahnya selepas berbuka puasa.

“Setiap hari antara 40 hingga 50 kantong darah disumbangkan oleh masyarakat melalui kegiatan donor darah mobiling selama bulan Ramadhan ini,” sambungnya.

Dikatakan oleh Ade Rudiana, dengan meningkatnya animo masyarakat terhadap kegiatan donor darah ini, maka stok darah di Unit Transfusi Darah PMI Cabang Banyuwangi, hingga Lebaran mendatang akan aman. Bahkan PMI Cabang Banyuwangi pada bulan ini mengirim 100 kantong darah ke Kabupaten Jember, untuk memenuhi kebutuhkan darah di beberapa RS di Jember.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.