Pjs Wali Kota Kediri Ingatkan ASN Netral Dalam Pilkada

Petrus - 20 March 2018
Pjs Wali Kota Kediri, Jumadi (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Kediri, Jumadi, menghimbau kepada lebih dari lima ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, untuk netral dan tidak terlibat politik praktis atau upaya dukung mendukung salah satu pasangan calon, dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota pada Juni mendatang.

Bila nanti menerima laporan terkait dugaan keterlibatan ASN dalam Pilkada, maka Jumadi akan memberikan surat peringatan satu hingga tiga kali. Jika peringatan itu tidak dihiraukan, maka Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan dirinya selaku Kepala Daerah dapat memberikan sanksi berat berupa pemecatan atau pemberhentian sebagai Pegawai Negeri Sipil.

“Ada sanksi yang akan kita sampaikan pada yang bersangkutan, jika memang mereka terkotak-kotak, tersekat sekakat, dalam kontruksi politik Paslon. Mulai peringatan tertulis pertama, kedua, ketiga, hingga dapat kita berhentikan, kalau memang mereka tetap di ruang politik. Kalau sekarang ini belum ada,” kata Jumadi.

Sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Kediri, sebelumnya ia telah mengingatkan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil untuk tetap dalam posisi netral. Pesan itu telah ia sampaikan melalui media sosial. Lebih lanjut Jumadi mengendaki ASN tetap fokus menjalankan fungsinya, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Meski masa kampanye telah berlangsung, Jumadi mengaku belum menerima laporan terkait keterlibatan ASN dalam dukung mendukung pasangan calon. Tidak hanya untuk Pilwali, tapi juga untuk Pilgub Jawa Timur.

“Dari awal saya datang ke sini, salah satu tugas dari pejabat sementara adalah memastikan Aparatur Sipil Negera di Pemerintah Kota ini tidak terlibat kontestasi politik dan harus bersikap netral,” lanjut Jumadi.

Namun sebaliknya, ia justru mendukung ASN yang berperan aktif menghimbau masyarakat untuk ikut menyukseskan Pilkada damai, untuk meningkatkan partisipasi politik di Kota Kediri.

Terpisah, Kepala Bagian Humas Pemkot Kediri, Apip Pramana mengatakan, untuk saat ini jumlah ASN di Pemerintah Kota Kediri mencapai 5.048 orang, terdiri dari berbagai golongan atau kepangkatan.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.