Permudah Penerima Pensiun ASN, Taspen Terbitkan Smartcard

Petrus - 19 January 2018
Ilustrasi. Peluncuran Taspen Smarcard untuk mempermudah pembayaran dana pensiun ASN (foto : Superradio/Niena Suartika)

SR, Bogor – PT Taspen (Persero) bekerjasama dengan Telkom Group dan Mitra Bayar Pensiun melakukan launching Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun, melalui sistem New e-Dapem dan penerapan Taspen Smartcard.

Direktur Utama PT Taspen, Iqbal Latanro mengatakan dinamisnya perkembangan teknologi mendorong Taspen memanfaatkannya untuk mempermudah otentik peserta. Selain itu juga akan mempermudah Taspen dalam melakukan monitoring dan reporting terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun.

“PT Taspen, organisasi yang diharapkan melayani jaminan hari tua pensiun pegawai aparatur sipil negara, kita melakukan terobosan pelayanan dari peserta pensiun. Sehingga akan mempermudah proses rekonsiliasi dan pelaporan,  mempercepat layanan pensiun,  pelayanan lebih cepat dan terukur,” kata Iqbal, Jumat (19/1/2018).

Menurutnya, pelayanan digitalisasi ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban Taspen kepada pemerintah dalam mengelola dana pensiun ASN, sehingga meminimalisir terjadinya fraud.  Diakui, Taspen kerap mengalami fraud dalam pengelolaan dana pensiun karena masih dilakukan secara manual.

Misalnya saja penerima dana pensiun bagi pensiunan yang sudah tua dan tidak sanggup datang ke kantor Taspen, sehingga harus membuat surat kuasa untuk diambilkan oleh anak atau cucunya. Namun ketika penerima dana sudah meninggal, terkadang surat kuasa masih tetap digunakan untuk mengambil dana pensiun, yang seharusnya sudah habis ketika penerima dana meninggal.

“Semua persoalan itu akan tertangani dengan baik, dengan adanya smartcard akan mempermudah pensiunan, tidak perlu datang ke Taspen atau mitra bayar tapi tetap dapat dilayani dan mendapat uang dana pensiun. Saya optimis pelayanan akan meningkat, fraud akan menurun dan pekerjaan administrasi akan menurun,” ujar Iqbal.

Selain itu, smartcard Taspen tidak hanya berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun, tapi juga sebagai Kartu ATM dan Debit, serta Program Loyalty atau diskon pada merchants yang bekerjasama dengan Taspen maupun Mitra Bayar.

Sementara itu, CEO Telkomsigma, Judi Achmadi mengatakan, penerapan Taspen Smartcard menggunakan otentikasi online terpusat dengan berbasis data biometrik, seperti sidik jari, perekaman wajah, dan perekaman suara.

“Tiga hal ini sebagai bentuk proof of life atau pembuktian penerima pensiun masih hidup yang dapat diakses melalui aplikasi mobile, yang dapat diinstal pada smartphone penerima pensiun atau mitra bayar, sehingga dapat mempermudah proses otentikasi yang lebih cepat dan akurat,” kata Judi.

Penerima pensiun kata Judi, tidak perlu khawatir jika satu diantara tiga otentikasi tersebut tidak dapat digunakan, karena minimal dua otentikasi bisa digunakan.

“Tapi kalau ketiganya tidak bisa digunakan, maka kami akan mendatangi rumah penerima pensiun dan dapat diganti dengan surat kuasa. Intinya kami ingin mempermudah penerima pensiun,” pungkas Judi.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.