Perlu Perbaikan Segera, Longsor di Jalur Ponorogo-Pacitan

Yovie Wicaksono - 27 February 2018
Longsor yg menutupi jalan utama Ponorogo-Pacitan (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Ponorogo – Timgginya intensitas hujan yang mengguyr Kabupaten Ponorogo akhir-akhir ini, mengakibatkan longsor yang menutup seluruh badan jalan provinsi ,yang menghubungkan antara Ponorogo dan Pacitan. Longsor terjadi di KM 22 Dukuh Krajan, Desa Tugu Rejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo.

Kepala Desa Tugu Rejo, Siswanto menuturkan, longsor terjadi saat cuaca terik sekitar pukul 11.30 WIB, yang menjutup jalur Ponorogo-Pacitan dengan batuan besar dan pohon yang tumbang.

“Awalnya terdengar suara gemuruh, terus saya tengok keatas ternyata lereng gunung yang berada dipinggir jalan longsor, apalagi rumah saya tepat berada di bawah jalan ini,” tutur Siswanto, Minggu (25/2/2018).

Akibat longsor ini jalur Ponorogo-Pacitan untuk sementara ditutup total, dan hanya beberapa kendaran yang dapat melintas melalui jalur alternatif.

“Hanya roda dua dan roda empat saja yang bisa melewati jalan desa, untuk truk dan bus terpaksa harus menunggu sampai longsoran dipindah, atau memutar lewat Wonogiri,” terangnya.

Menurut Siswanto, panjang jalan yang tertutup longsor mencapai 80 meter, dengan tinggi material longsor mencapai 20 meter. Lereng gunung yang longsor adalah milik Perhutani, yang didominasi pohon pinus.

“Meski begitu ada 13 rumah warga yang berada dibawah jalan ini, mereka sudah bersiap untuk mengungsi jika sewaktu-waktu ada longsor susulan,” imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum untuk mengerahkan alat berat, agar jalan bisa segera dilewati kembali oleh kendaraan.

“Anggota juga bekerjasama dengan warga desa untuk jalur alternatif, sedangkan untuk bus dan kendaraan berat, sementara harus parkir atau memutar melewati Wonogiri, baik itu Ponorogo ke Pacitan atau sebaliknya,” tandasnya.

Diperkirakan upaya pembersihan jalan yang terkena longsir akan membutuhkan waktu selama 2 hingga 3 hari, karena material longsor didominasi bebatuan besar.

“Karena banyaknya bebatuan besar dan pepohonan yang longsor, mengakibatkan pembersihan memakan waktu cukup lama,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.