Perkuat Pendidikan Karakter Siswa Melalui Lomba Seni

Yovie Wicaksono - 27 August 2018
Foto : Suarapendidikan.com

SR, Bangka Belitung – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dapat memperkuat program pendidikan karakter murid sekolah.

“Ajang FLS2N ini dapat mengasah jiwa seni siswa, agar memiliki hati lembut dan pemikiran yang jernih,” katanya kepada Antara usai membuka FLS2N XI di Pangkalpinang, Senin (27/8/2018).

Ia berharap FLS2N pada 2018 yang bertajuk “Menumbuhkembangkan Seni, Menguatkan Karakter” dapat mengembangkan bakat siswa di bidang seni serta membangun karakter siswa berdasarkan nilai-nilai yang berakar dari budaya Nusantara.

“Ajang ini merupakan puncaknya dan ini bagian program pendidikan di sekolah,” ujarnya.

Ia menambahkan, melalui ajang tahunan bergengsi ini, siswa juga didorong memiliki sikap kreatif dan berpikir kritis sehingga dapat memperkuat karakter mereka.

FLS2N XI 2018 yang berlangsung di Pangkalpinang diikuti 1.947 peserta didik dari 34 provinsi di Indonesia.

“Dalam kegiatan ini, siswa-siswi seluruh jenjang pendidikan dari 34 provinsi dapat berinteraksi dan bertukar pengalaman mengenai kemajuan budaya masing-masing sehingga memunculkan kebanggaan pada budaya nasional,” kata Muhadjir.

Ajang FLS2N ini menjadi arena untuk memacu dan mendorong sesama siswa untuk mengamalkan Pancasila dalam wujud seni yang paling indah sesuai dengan nilai-nilai luhur dan kearifan lokal. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.