Peringati Hari Santri, Ratusan Pendekar Pagar Nusa Unjuk Keahlian Bela Diri Sekaligus Galang Dana Korban Bencana

Petrus - 22 October 2018
SR, Kediri – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Kediri, menggelar Apel Akbar Memperingati Hari Santri, di Stadion Canda Bhirawa Kecamatan Pare, Senin (22/10/2018). Apel Akbar ini dihadiri sekitar 20 ribu orang peserta yang merupakan santri pondok pesantren se-Kabupaten Kediri, GP Ansor, Banser, Muslimaat NU, para  pelajar setingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, serta berbagai komponen NU lainnya.
Nampak Hadir pula tamu undangan dari pengurus pondok pesantren, serta Wakil Bupati Kediri Masykuri, dan pejabat lainnya. Selain menggelar upacara Hari Santri, apel akbar ini juga diisi kegiatan penggalangan dana bagi korban bencana yang terjadi di Lombok dan Palu.
Selain itu, acara diisi pula dengan atraksi bela diri yang diperagakan para pendekar Pagar Nusa, dari berbagai kategori usia baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Menurut Muhammad Makmun, Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Kediri, kegiatan Apel Akbar peringatan Hari Santri, dihadiri sekitar 20 ribu peserta. Jumlah ini melebihi perkiraan panitia yaitu sekitar 10 ribu peserta.
“Diluar ekspektasi kami, kalau awalnya kita menyiapkan sekitar 10 ribu, tampaknya yang hadir 20 ribu lebih. Ini diluar apa yang kamu harapkan. Bahkan kami agak kelabakan menyiapkan tempat,” kata Makmun.
Muhammad Makmun menilai, makna peringatan Hari Santri yaitu ingin mengingatkan kembali kepada para santri, tentang sejarah Resolusi Jihad pada zaman perjuangan dulu. Pada zaman modern seperti sekarang ini, para santri harus menjadi pelopor dalam membangun bangsa ke arah yang lebih baik, dan mengisi segala kegiatan dengan yang bersifat positif agar  bermanfaat bagi orang lain.
“Kami semenjak adanya beberapa bencana, akan selalu tanggap, dengan melalui Lazisnu dan beberapa lembaga lain. Alhamdulilah untuk Lombok kita mendonasikan Rp. 428 Juta. Hanya untuk Lombok saja. Kita serahkan pada hari Sabtu,” terang Makmun.
Tidak hanya itu, PCNU Kabupaten Kediri juga telah mengkoordinasikan bantuan bencana alam di Palu. Dana yang telah terkumpul tercatat sebesar Rp. 228 Juta. Alhamdulillah sampai hari ini, sudah terkumpul Rp. 228 juta yang tercatat.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.