Peringati Hari Bumi, Gabungan Hotel di Surabaya Tanam 1000 Mangrove

Petrus - 29 April 2018
Peserta tanam 1.000 mangrove di pesisir timur Surabaya memasang bronjong untuk menjaga mangrove yang dutanam tetap bertahan (foto : Istimewa)

SR, Surabaya – Sepuluh hotel yang tergabung dalam AccorHotels East Java melakukan aksi penanaman 1.000 bibit tanaman mangrove, di kawasan Hutan Mangrove Wonorejo, Surabaya. Sekitar 100 orang perwakilan dari 10 hotel bekerjasama dengan Tunas Hijau, melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai timur Surabaya.

Kegiatan yang termasuk program Corporate Social Responsibility (CSR) ini semakin menantang, karena air laut sedang pasang dengan ketinggian sekitar 1 meter lebih saat peserta menyusuri muara Sungai Wonorejo menggunakan perahu motor.

Para peserta harus terjun langsung ke dalam air, untuk bisa melakukan pemasangan geronjong (keranjang bambu), yang dipakai sebagai sebagai pelindung bibit mangrove yang ditanam dari gelombang air laut.

“Acara ini merupakan kegiatan dalam rangka peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April lalu, dan kami menandai itu dengan memanam mangrove sebagai dukungan pada upaya pelestarian mangrove oleh Pemkot Surabaya,” kata Morris Sinurat, Operations Manager Ibis Surabaya City Center.

Melalui kegiatan penanaman mangrove ini, diharapkan ekosistem di Hutan Mangrove Wonorejo akan tetap terjaga. Gerakan ini juga sekaligus untuk mengamankan banteng alam pesisir timur Surabaya dari bahaya abrasi air laut, sekaligus melindungi biota laut yang hidup di ekosistem mangrove.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.