Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Risma Ajak Warga Dalami Ideologi Pancasila

Petrus - 1 June 2018
Anak-anak berpakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Peringatan Hari lahir Pancasila 1 Juni 2018 di Balai Kota Surabaya (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018, dijadikan momentum bagi bangsa Indonesia untuk kembali pada ideologi Pancasila sebagai esensi dasar falsafah bangsa. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, Pancasila hendaknya dapat diresapi maknanya tidak hanya dihafalkan saja. Dalam Pancasila sudah terkandung sebuah hubungan yang membuat masyarakat mampu maju dan sejahtera.

“Maka dari itu, kita jangan hanya sekedar menghafalkan Pancasila, mari kita resapi yang namanya Pancasila,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, di Balai Kota, Jumat (1/6/2018).

Risma mengajak seluruh elemen masyarakat agar menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila ke 73 sebagai momentum bersama-sama saling menjaga persatuan dan saling bertoleransi, serta mendalami sejarah Pancasila lebih dalam.

“Ayo kita pahami apa yang ada di dalam Pancasila. Coba kita masuki apa yang ada di dalam itu. Kalau itu terjadi, maka kita bisa menjadi makhluk yang mulia,” ujar Risma.

Menurut Risma, Pancasila merupakan sebuah harmonisasi kehidupan, dimana manusia tidak akan dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Maka sikap toleransi dan saling menghormati sebuah perbedaan sangat dibutuhkan.

“Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika,” tandasnya.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.