Perguruan Silat Pencak Dor Siap Bantu Pengamanan Pilkada

Petrus - 2 March 2018
Pendekar Silat pencak Dor sedang memperagakan salah satu jurus (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sejumlah pesilat dari berbagai daerah diantaranya Tulungangung, Nganjuk, Ponorogo, dan Kediri, yang tergabung dalam Paguyuban Pendekar Pencak Door menghadiri Diskusi Bebangsaan dan Kerukunan Nasional, dalam rangka menyongsong Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

Diskusi kebangsaan digelar di kediaman salah satu tokoh, di lingkungan Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, salah satunya menyikapi situasi keamanan yang berkembang akhir-akhir ini.

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan empat poin pernyataan sikap yang telah disepakati oleh para pendekar dari berbagai daerah, diantaranya Paguyuban Pencak Dor siap menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. Menyerukan kepada semua anak bangsa Indonesia untuk selalu menjaga kekompakan, kebersamaan dan persatuan.

Bila terjadi pelanggaran hukum jangan main hakim sendiri, berkordinasi dengan pihak terkait serta selalu siaga dan waspada dalam menyikapi situasi yang terjadi saat ini. Pernyataan ini dibuat berdasarkan hasil diskusi kebangsaan demi terciptanya kerukunan nasional menjelang Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

Menurut Agus Muhtadi, selaku Juru Bicara Paguyuban Pendekar Pencak Dor, pihaknya telah mengambil sikap terkait peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini. Ia menilai isu penyerangan ulama yang terjadi bukan hanya isu semata, melainkan juga ada yang nyata.

“Memang ada yang isu, ada yang nyata. Kita jaga kekompakan, rapatkan barisan. Yang penting jangan main hakim sendiri, tetap kordinasi dengan pihak Kepolisian, TNI dan pihak terkait,” kata Agus.

Lebih lanjut ia menambahkan, semenjak peristiwa itu dirinya telah memerintahkan anggota Gasmi untuk menjaga para Kyai.

“Itu langsung kami perintahkan semua anggota Gasmi dimana pun berada untuk mejaga Kyai-Kyai,” ujarnya.

Para pesilat  yang tergabung dalam Paguyuban Pendekar Pencak Dor yang ada saat ini, pada umumnya berasal dari Pagar Nusa Gasmi dan beberapa perguruan silat lainya. Disamping itu, pihaknya juga telah menyatakan kesiapanya untuk berkontribusi dalam pengamanan Pilkada dan Pilpres 2019 mendatang.

“Pokoknya kita kerjasama dengan TNI, Polri dan pihak terkait. Intinya Pencak Dor kapan pun negara memanggil kita siap,” tegasnya.

Selain diskusi kebangsaan, para pendekar Pencak Dor juga memperagakan beberapa jurus silat kepada peserta diskusi yang hadir.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.