Penumpang Kelas Ekonomi Mendominasi Perjalanan Kereta Api di Daops 9 Jember

Yovie Wicaksono - 26 June 2017
Situasi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan jasa kereta api di Stasiun Karangasem Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Selama musim Mudik Lebaran 2017, jumlah penumpang jasa moda transportasi kereta api di PT. KAI Daops 9 Jember, masih di dominasi oleh penumpang kelas ekonomi.

Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Luqman Arif ketika dihubungi Superradio, Senin (26/6/2017) menyampaikan, untuk jumlah penumpang kereta api di Daops 9 Jember meningkat pada H-3 dan H-2 Lebaran. Peningkatan ini terjadi pada kereta api kelas Ekonomi, yakni KA Sritanjung jurusan Lempuyangan Jogyakarta-Banyuwangi Baru, KA Tawang Alun jurusan Malang-Banyuwangi, dan KA Probowangi jurusan Surabaya Gubeng-Banyuwangi Baru.

“Pada dasarnya sejak H-10 Lebaran yang lalu, jumlah penumpang kereta api sudah mengalami lonjakan. Untuk kelas ekonomi yang masih diminati oleh pengguna jasa moda transportasi kereta api,” ujar Luqman.

Dari data yang ada di PT.KAI Daops 9 Jember, sejak H-10 hingga H-1 Lebaran, jumlah seluruh penumpang kereta api baik yang kelas Eksekutif hingga Lokal Raya, berjumlah 53.041 orang. Dengan rincian, untuk kelas Eksekutif total berjumlah 4.134 orang, kelas Bisnis 5.506 orang, kelas Ekonomi 28.554 orang, dan kelas Lokal Raya untuk KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi berjumlah 14.847 orang.

Sementara itu, Luqman Arif juga mengharapkan kepada seluruh penumpang kereta api, jika membeli tiket, sebaiknya di loket-loket resmi atau di layanan tiket online yang sudah bekerjasama dengan PT. KAI.

“Dengan adanya penjualan tiket online yang resmi, kita harapkan sudah tidak ada lagi calo yang menjual tiket kereta api. Sehingga masyarakat bisa lebih tenang dan nyaman dalam melakukan perjalanan dengan jasa angkutan kereta api,” ujarnya.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.