Pengamanan Perbatasan, 450 Prajurit Kodam V Brawijaya Diberangkatkan ke Perbatasan Papua

Petrus - 1 August 2018

SR, Kediri – Pangdam V Brawijaya Majyen TNI Arif Rahman mengingatkan kepada 450 prajurit Yonif Mekanis 521/Dadaha Yudha yang akan bertugas di Marauke, Papua, untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman gerakan separatis OPM.

Hal ini disampaikan Arif Rahman, saat mengecek kesiapan Operasi Batalyon 521. Menurutnya, pengecekan yang dilakukan meliputi kesiapan personel, serta peralatan dan sarana parasana yang hendak dibawa.

“Saya lihat pasukan sudah siap melaksanakan tugas operasi dengan jumlah personel 450 orang,” ujar Arif, Rabu (1/8/2018).

Para personil TNI yang diberangkatkan ini bertugas melakukan pengamanan di wilayah perbatasan Merauke, Papua, dan menempati 15 pos yang ada disana.

Para prajurit ini akan dipimpin oleh masing-masing Komandan Batalyon yang telah berpengalaman bertugas di Papua dan Aceh.

“Ada 15 pos di sana. Danyon dan beberapa anggota perwiranya, mereka sudah biasa melaksanakan tugas, jadi secara kesiapan mereka sudah siap melaksanakan tugas operasi,” lanjutnya.

Selain berpesan bahwa tugas pengamanan ini merupakan suatu kehormatan seorang prajurit, Arif meminta para prajurit yang bertugas untuk selalu menjalin hubungan dekat dengan masyarakat. Disamping itu, para prajurit yang berangkat juga disiapkan untuk menjadi guru dan penyuluh pertanian di sana.

“Tadi kita lihat bagaimana mereka menyiapkan sarana air bersih, baik untuk pos maupun bagi masyarakat. Intinya mereka bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya

Para prajurit yang bertugas akan berada di kawasan perbatasan Papua-Papua New Guini selama sembilan bulan, dan akan berangkat pada akhir Agustus atau awal September 2018.

Potensi kerawanan yang dihadapi para prajurit TNI, selain gerakan Seperatis OPM, akan menghadapi tantangan alam berupa perubahan cuaca serta penyakit Malaria.

“Di sana harus waspada, makanya disini para prajurit sudah dilatih untuk melaksanakan kegiatan tempur, kegiatan teritorial, aehingga dalam situasi apa pun mereka siap,” pungkasnya.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.