Pemuda Lintas Agama Banyuwangi Kunjungi Gereja Katolik

Petrus - 25 July 2017
Forum Muda Lintas Agama Banyuwangi Bersatu (Formula Satu) sedang melakukan kunjungan ke gereja Katolik Maria Ratu Damai Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Pemuda lintas agama yang tergabung dalam Forum Muda Lintas Agama Banyuwangi Bersatu (Formula Satu) melakukan kunjungan ke Gereja Katolik Maria Ratu Damai Banyuwangi, Minggu (23/7/2017). Kunjungan ini merupakan upaya untuk menjaga kerukunan antar umat beragama dan menjalin tali silaturahmi antar pemuda dari berbagai agama.

Pemuda lintas agama yang terdiri dari unsur Islam, Hindu, Budha dan Kristen, disambut oleh kaum muda Katolik di Aula Gereja.

Ketua Formula Satu, Hariyanto menyampaikan, kegiatan silaturahmi ini dilakukan secara bergantian setiap bulannya. Pada Juli 2017 ini, Gereja Katolik mendapat kesempatan untuk dikunjungi.

“Kami sangat senang bisa diterima dengan baik oleh umat Katolik, termasuk oleh Romo Catur Wibawa,” kata Hariyanto.

Dikatakan oleh Hariyanto, anggota Formula Satu terutama dari kalangan non Katolik mendapatkan pengalaman untuk bisa masuk dan melihat ke dalam gedung gereja.

“Dengan adanya adanya kegiatan sepertin ini, diharapkan tali silaturahmi bisa terus dijaga, dan kita tetap menjaga kedamaian dan bisa menghilangkan keegoan masing-masing. Sehingga kerukunan umat beragama di Kabupaten Banyuwangi bisa tetap terjaga dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Romo Catur Wibawa juga menyampaikan rasa terima kasih sudah mendapatkan kunjungan dari kaum muda lintas agama.

“Semoga intoleransi di Banyuwangi bisa semakin dikikis, satu sama lain bisa saling menghormati perbedaan,” ungkapnya.

Pertemuan dan kunjungan Formula Satu diakhiri dengan pemberian cindera mata berupa bibit lombok pelangi, yang mempunyai arti bahwa keberagaman, perbedaan itu indah seperti warna pelangi yang beranekaragam.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.