Pemprov Jawa Timur Penyedia Angkutan Mudik Gratis Terbanyak

Petrus - 14 June 2018
Sekdaprov Jawa Timur Achmad Sukardi berangkatkan mudik gratis 2018 (foto : Humas Pemprov Jawa Timur)

SR, Surabaya – Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi di Indonesia yang menyediakan fasilitas mudik gratis terbanyak di Indonesia, pada angkutan mudik Lebaran 2018 ini. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi mengatakan, mudik bersama gratis pada tahun ini disediakan 208.203 tempat duduk (seat), yang meliputi tempat duduk moda transportasi bus, kapal laut, dan kereta api.

“Jumlah ini merupakan yang terbanyak di dunia untuk mudik gratis,” ujar Wahid Wahyudi, belum lama ini.

Melalui program mudik bareng gratis ini, Wahid Wahyudi optimis bahwa seluruh masyarakat Jawa Timut dapat pulang ke kampung halaman pada Lebaran kali ini. Hal ini karena jumlah armada mudik yang disiapkan sangat banyak, dan melayani berbagai rute, bahkan hingga ke kepulauan terpencil.

Tahun ini, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menyiapkan 560 armada bus yang telah terisi tempat duduknya hingga 98 persen.

“Tidak hanya kami saja yang menyediakan armada, tapi perusahaan-perusahaan swasta, kampus-kampus, juga ikut menggelar mudik gratis. Jadi total ada 926 armada bus yang disiapkan untuk mudik tahun ini” kata Wahid.

Mudik gratis dengan Kereta Api disediakan untuk jurusannya Surabaya-Kertosono, Surabaya-Kertosono-Blitar, Surabaya-Malang, Surabaya-Malang-Blitar, Sidoarjo-Bojonegoro, Malang-Banyuwangi, dan Surabaya-Banyuwangi.

Ada juga mudik gratis dengan kapal laut bagi masyarakat di kepulauan, yang melayani jalur Gresik-Pulau Bawean, Surabaya-Masalembo, Pulau Kangean-Kalianget, Pulau Ra’as-Jangkar Sapudi, dan Banyuwangi-Pulau Sapeken.

“Masyarakat kepulauan juga menjadi perhatian kami, karena jika tidak disiapkan mudik gratis, mereka hanya bisa tujuh hari sekali untuk ketemu kapal. Dengan adanya program ini, masyarakat bisa bertemu kapal dalam dua hari sekali,” terangnya.

Pada Selasa (12/6/2018) yang lalu, Pemprov Jawa Timur memberangkatkan 4.345 peserta mudik bareng gratis dengan 79 bus di halaman kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Jalan A. Yani Surabaya.

Program mudik gratis ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalanan. Angka kecelakaan di Indonesia mencapai lebih dari 20 ribu setiap tahunnya, dengan 70 persen melibatkan pengguna sepeda motor.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.