Pemkot Surabaya Optimalkan Taman Lansia dan Paliatif untuk Pengobatan Gratis dan Hiburan

Petrus - 21 January 2018
Sejumlah lansia menjalani pemeriksaan kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya di Taman Lansia (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengoptimalkan pemanfaatan Taman Lansia yang di Jalan Kalimantan dan Taman Paliatif di Jalan Kesumba, melalui kegiatan pengobatan gratis kepada para lansia dan kegiatan hiburan bagi pengidap kanker.

Kepala Dinas Kesehatan Febria Rachmanita mengatakan, optimalisasi pemanfaatan taman lansia menjadi pos pelayanan terpadu di Kota Surabaya untuk memberikan pembekalan dan pendidikan kesehatan bagi lansia. Selain itu juga diisi dengan hiburan berupa permainan catur, senam, dan pemeriksaan kesehatan serta cek laboratorium secara gratis untuk mendeteksi penyakit tidak menular secara dini.

“Jika dalam pemeriksaan kesehatan dan laboratorium ditemukan penyakit seperti hipertensi atau kolestrol tinggi, langsung kita konsultasikan ke puskesmas terdekat dari rumah pengunjung agar segera tertangani,” kata Febria Rachmanita.

Pemanfaatan Taman Paliatif, kata Febria, selain dimanfaatkan sebagai taman bagi pasien-pasien kanker yang dalam konsisi stabil, juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menghibur anak-anak dan orang dewasa pengidap kanker, melalui berbagai macam kegiatan hiburan seperti musik dan permainan sulap.

“Intinya kami ingin agar pengidap kanker bisa terhibur melalui kegiatan yang ada saat ini,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dijalankan Pemerintah Kota Surabaya setiap Sabtu dan Minggu pukul 6-9 pagi. Langkah ini mendapat respon positif dan antusias dari warga Surabaya, yang terlihat dari banyaknya pengunjung sejak kegiatan ini digagas pada November 2017 lalu, sedikitnya 75 orang per harinya.

“Total sejak bulan November sampai Desember 2017, jumlah pengunjung yang diperiksa di Taman Lansia sebanyak 2.015. Sedangkan pengunjung di Taman Paliatif sebanyak 1.012 orang,” terangnya.

Pemkot Surabaya terus melakukan sosialisasi kepada warga, agar semakin banyak yang mengetahui adanya pengobatan gratis di Taman Lansia serta acara hiburan bagi pengidap kanker di Taman Paliatif.

“Ini bukan tugas Dinas Kesehatan saja, tapi itu tugas kita semua agar menyampaikan kepada warga yang lain, termasuk melalui rapat RT/RW,” pungkasnya.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.