Pemkot Surabaya Operasionalkan Griya Wreda Jambangan

Petrus - 5 January 2017
Walikota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan Griya Wreda di Jambangan, Surabaya (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya menunjukkan komitmennya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Surabaya, termasuk kepada kelompok lanjut usia (lansia) yang berada di panti jompo atau Griya Wreda Surabaya.

Kamis (5/1/2017), Pemerintah Kota Surabaya meresmikan Griya Wreda di kawasan Jambangan, yang merupakan bangunan baru dan lebih luas dibandingkan dengan Griya Wreda sebelumnya di Medokan Asri Barat X Blok N-19 Surabaya. Bangunan baru Griya Wreda ini diharapkan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada para lansia, yang tinggal di panti jompo milik Pemkot Surabaya.

“Dengan ruangan yang lebih luas, semua para lansia bisa berkumpul bersama untuk menjalankan aktivitas seperti makan bersama, sholat dan yang lainnya,” kata Tri Rismaharini, Walikota Surabaya.

Griya Wreda merupakan unit pelayanan yang bertugas untuk menampung dan memberikan hunian bagi para  lansia yang terlantar di Surabaya, dengan memberikan fasilitas bagi para penghuninya berupa kebutuhan makan tiga kali sehari plus snack, perawat, dokter, dan mobil ambulan.

Prioritas utama yaitu penduduk Surabaya berusia diatas 60 tahun, yang termasuk katagori miskin, terlantar, dan tidak punya keluarga. Saat ini penghuni Griya Wreda di Surabaya mencapai 75 orang, 10 persen diantaranya ditempatkan sanak keluarganya karena alasan ekonomi, 45 persen karena sebatang kara, dan 45 persen hasil razia petugas Linmas dan Satpol PP di jalanan.

Pemindahan sebagian lansia dari Griya Wreda yang lama ke tempat baru diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi lansia yang selama ini tinggal di gedung yang sudah tidak memadai lagi.(Ptr/Red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.