Pemkot Surabaya Kirim Bantuan Korban Banjir Bandang Gorontalo

Petrus - 21 January 2018
Petugas mengangkut bantuan ke atas truk, sebelum dikirim ke daerah yang terkena banjir bandang di Gorontalo (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya mengirimkan sejumlah bantuan untuk membantu warga yang menjadi korban banjir bandang di Kabupaten Gorontalo. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menugaskan pegawainya untuk menyiapakan bantuan yang akan di kirim, setelah sebelumnya menanyakan apa saja hal mendesak yang dibutuhkan di sana.

“Kita respon cepat, kita segera hubungi pejabat disana, yang dibutuhkan mereka utamanya seperti baju, sarung, selimut, popok bayi dan obat-obatan. Kita sesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan, dari hasil koordinasi dengan pejabat di sana,” terang Tri Rismaharini.

Pada tahap pertama Pemkot Surabaya mengirim 29 koli bantuan berupa selimut, popok bayi, sarung, baju dan obat-obatan. Tidak berhenti sampai disitu, pihaknya akan mengirimkan kembali bantuan setelah menyesuaikan dengan kebutuhan selanjutnya.

“Biasanya kalau ada kerusakan kita bantu. Jadi kayak di Pacitan, pertama kita bantu makanan, kemudian untuk penyulingan air bersih, pakaian, dan selimut. Setelah itu kita bantu uangnya menyusul, untuk rekondisi lingkungannya,” ujarnya.

Sebelumnya Pemkot Surabaya juga membantu korban gizi buruk dan campak yang melanda Kabupaten Asmat, dengan mengirim bantuan berupa susu, biskuit, dan obat-obatan.

”Saat ini barang-barang sudah mulai terkumpul cepat, nanti segera akan kita kirim ke sana,” tutur Risma.

Pengiriman bantuan ini merupakan hasil dari urunan para pejabat di Pemkot Surabaya, yang secara sukarela mengumpulkan dana secara berkala untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti bencana dan musibah lainnya.

“Ini hasil urunan dari kawan-kawan, seikhlasnya, jadi bukan uang dari APBD. Seperti bantuan Asmat, juga kita hasil urunan untuk dibelikan dalam bentuk barang,” imbuhnya.

“Kita harus bergandengan tangan, kalau gini terus kan berat, kalau kita harus mikir dirinya sendiri. Kalau yang ndak kena musibah ya bantulah,” tandas Wali Kota.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.